Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik di MTsN 1 Nganjuk
Daftar Isi:
- Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mengutamakan nilai-nilai keagamaan. Untuk mendapatkan nilai-nilai agama Islam yang baik dibutuhkan suatu proses yaitu internalisasi nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di MTsN 1 Nganjuk, serta untuk menjelaskan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di MTsN 1 Nganjuk Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tiga metode dalam memperoleh data, yaitu : observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah : 1) nilai-nilai agama Islam yang diinternalisasikan melalui kegiatan-kegitan keagamaan di sekolah. Nilainilai agama Islam tersebut meliputi nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Dimana nilai ilahiyah merupakan ḥablumminnallah, sedangkan nilai insaniyah merupakan ḥablumminannas. 2) Faktor penghambat dari internalisasi nilai-nilai PAI ada beberapa macam diantaranya adalah faktor lingkungan. Dari pelaksanaan internalisasi nilai-nilai PAI di sekolah, faktor lingkungan disini dijelaskan bahwa rendahnya SDM, sehingga menjadikan peserta didik kurang memahami dan mendalami nilai-nilai PAI, sedangkan faktor pendukungnya adalah kepercayaan wali murid terhadap sekolah, selain itu para guru di sekolah juga memberikan pengarahan, bimbingan terhadap peserta didik demi lancarnya proses internalisasi di sekolah.