Implementasi Metode Poster Session Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TPM 3 SMKN 1 Kota Kediri
ctrlnum |
1921 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/</relation><title>Implementasi Metode Poster Session Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TPM 3 SMKN 1 Kota Kediri</title><creator>Ummaha, Aslichatul</creator><subject>130305 Educational Counselling</subject><description>Dalam proses pembelajaran PAI guru masih memegang peranan yang sangat
dominan. Pusat pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang
dilibatkan secara aktif. Guru kurang menguasai metode pembelajaran yang
melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Akibat dari hal ini adalah tidak
maksimalnya pemahaman siswa sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Berdasarkan
kondisi yang diuraikan, peneliti dan kolaborator mencoba menerapkan metode
pembelajaran baru yaitu metode poster session. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi
perkembangan Islam pada masa modern dengan menggunakan metode poster session
Metode poster session merupakan sebuah strategi kooperatif yang menggabungkan
teks dan gambar untuk memperoleh informasi secara cepat sekaligus dapat
mengembangkan daya kreatifitas siswa dalam memvisualisasikan teks dalam bentuk
gambar.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha
mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif guna meningkatkan proses pembelajaran
di kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Adapun
tahapan dalam penelitian ini ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian data pada penelitian ini adalah berupa
tes. Subyek penelitian adalah kelas XI TPM 3 di SMKN 1 Kota Kediri yang
berjumlah 33 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa sebelum tindakan (pra siklus)
yang menggunakan metode lama yaitu metode ceramah banyak siswa yang belum
tuntas atau mendapat nilai dibawah KKM yaitu 25 siswa dan yang tuntas hanya 8
siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 62. Hasil nilai siklus I yang sudah
menggunakan metode poster session siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak
16 siswa dan 17 siswa dikatakan belum tuntas dengan nilai rata-rata satu kelas 71.
Hasil siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 29 siswa dan yang
belum tuntas sebanyak 4 siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 80. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa metode poster session dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/1/932134216_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/2/932134216_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/3/932134216_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/4/932134216_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/5/932134216_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/6/932134216_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/7/932134216_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/8/932134216_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/9/932134216_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ummaha, Aslichatul (2020) Implementasi Metode Poster Session Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TPM 3 SMKN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1921</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ummaha, Aslichatul |
title |
Implementasi Metode Poster Session Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TPM 3 SMKN 1 Kota Kediri |
publishDate |
2020 |
topic |
130305 Educational Counselling |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/1/932134216_PRA%20BAB.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/2/932134216_BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/3/932134216_BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/4/932134216_BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/5/932134216_BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/6/932134216_BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/7/932134216_BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/8/932134216_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/9/932134216_LAMPIRAN.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/ |
contents |
Dalam proses pembelajaran PAI guru masih memegang peranan yang sangat
dominan. Pusat pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang
dilibatkan secara aktif. Guru kurang menguasai metode pembelajaran yang
melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Akibat dari hal ini adalah tidak
maksimalnya pemahaman siswa sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Berdasarkan
kondisi yang diuraikan, peneliti dan kolaborator mencoba menerapkan metode
pembelajaran baru yaitu metode poster session. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi
perkembangan Islam pada masa modern dengan menggunakan metode poster session
Metode poster session merupakan sebuah strategi kooperatif yang menggabungkan
teks dan gambar untuk memperoleh informasi secara cepat sekaligus dapat
mengembangkan daya kreatifitas siswa dalam memvisualisasikan teks dalam bentuk
gambar.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha
mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif guna meningkatkan proses pembelajaran
di kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Adapun
tahapan dalam penelitian ini ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian data pada penelitian ini adalah berupa
tes. Subyek penelitian adalah kelas XI TPM 3 di SMKN 1 Kota Kediri yang
berjumlah 33 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa sebelum tindakan (pra siklus)
yang menggunakan metode lama yaitu metode ceramah banyak siswa yang belum
tuntas atau mendapat nilai dibawah KKM yaitu 25 siswa dan yang tuntas hanya 8
siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 62. Hasil nilai siklus I yang sudah
menggunakan metode poster session siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak
16 siswa dan 17 siswa dikatakan belum tuntas dengan nilai rata-rata satu kelas 71.
Hasil siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 29 siswa dan yang
belum tuntas sebanyak 4 siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 80. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa metode poster session dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa. |
id |
IOS6979.1921 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:51:58Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295577787465728 |
score |
17.538404 |