ctrlnum 1921
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/</relation><title>Implementasi Metode Poster Session Pada Mata Pelajaran&#xD; Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TPM 3 SMKN 1 Kota Kediri</title><creator>Ummaha, Aslichatul</creator><subject>130305 Educational Counselling</subject><description>Dalam proses pembelajaran PAI guru masih memegang peranan yang sangat&#xD; dominan. Pusat pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang&#xD; dilibatkan secara aktif. Guru kurang menguasai metode pembelajaran yang&#xD; melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Akibat dari hal ini adalah tidak&#xD; maksimalnya pemahaman siswa sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar&#xD; siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Berdasarkan&#xD; kondisi yang diuraikan, peneliti dan kolaborator mencoba menerapkan metode&#xD; pembelajaran baru yaitu metode poster session. Tujuan penelitian ini adalah untuk&#xD; meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi&#xD; perkembangan Islam pada masa modern dengan menggunakan metode poster session&#xD; Metode poster session merupakan sebuah strategi kooperatif yang menggabungkan&#xD; teks dan gambar untuk memperoleh informasi secara cepat sekaligus dapat&#xD; mengembangkan daya kreatifitas siswa dalam memvisualisasikan teks dalam bentuk&#xD; gambar.&#xD; Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha&#xD; mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif guna meningkatkan proses pembelajaran&#xD; di kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Adapun&#xD; tahapan dalam penelitian ini ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,&#xD; pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian data pada penelitian ini adalah berupa&#xD; tes. Subyek penelitian adalah kelas XI TPM 3 di SMKN 1 Kota Kediri yang&#xD; berjumlah 33 siswa.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa sebelum tindakan (pra siklus)&#xD; yang menggunakan metode lama yaitu metode ceramah banyak siswa yang belum&#xD; tuntas atau mendapat nilai dibawah KKM yaitu 25 siswa dan yang tuntas hanya 8&#xD; siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 62. Hasil nilai siklus I yang sudah&#xD; menggunakan metode poster session siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak&#xD; 16 siswa dan 17 siswa dikatakan belum tuntas dengan nilai rata-rata satu kelas 71.&#xD; Hasil siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 29 siswa dan yang&#xD; belum tuntas sebanyak 4 siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 80. Dengan demikian&#xD; dapat disimpulkan bahwa metode poster session dapat meningkatkan prestasi belajar&#xD; siswa.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/1/932134216_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/2/932134216_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/3/932134216_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/4/932134216_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/5/932134216_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/6/932134216_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/7/932134216_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/8/932134216_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/9/932134216_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ummaha, Aslichatul (2020) Implementasi Metode Poster Session Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TPM 3 SMKN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1921</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ummaha, Aslichatul
title Implementasi Metode Poster Session Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TPM 3 SMKN 1 Kota Kediri
publishDate 2020
topic 130305 Educational Counselling
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/1/932134216_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/2/932134216_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/3/932134216_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/4/932134216_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/5/932134216_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/6/932134216_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/7/932134216_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/8/932134216_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/9/932134216_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1921/
contents Dalam proses pembelajaran PAI guru masih memegang peranan yang sangat dominan. Pusat pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang dilibatkan secara aktif. Guru kurang menguasai metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Akibat dari hal ini adalah tidak maksimalnya pemahaman siswa sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Berdasarkan kondisi yang diuraikan, peneliti dan kolaborator mencoba menerapkan metode pembelajaran baru yaitu metode poster session. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi perkembangan Islam pada masa modern dengan menggunakan metode poster session Metode poster session merupakan sebuah strategi kooperatif yang menggabungkan teks dan gambar untuk memperoleh informasi secara cepat sekaligus dapat mengembangkan daya kreatifitas siswa dalam memvisualisasikan teks dalam bentuk gambar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif guna meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Adapun tahapan dalam penelitian ini ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian data pada penelitian ini adalah berupa tes. Subyek penelitian adalah kelas XI TPM 3 di SMKN 1 Kota Kediri yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa sebelum tindakan (pra siklus) yang menggunakan metode lama yaitu metode ceramah banyak siswa yang belum tuntas atau mendapat nilai dibawah KKM yaitu 25 siswa dan yang tuntas hanya 8 siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 62. Hasil nilai siklus I yang sudah menggunakan metode poster session siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 16 siswa dan 17 siswa dikatakan belum tuntas dengan nilai rata-rata satu kelas 71. Hasil siklus II siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 29 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa dengan nilai rata-rata satu kelas 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode poster session dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
id IOS6979.1921
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:51:58Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:58Z
recordtype dc
_version_ 1695295577787465728
score 17.538404