Strategi Bisnis Bunga Hias Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim Desa Rembang Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri
ctrlnum |
1891 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/</relation><title>Strategi Bisnis Bunga Hias Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim Desa Rembang Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri</title><creator>Nurvita, Evisna</creator><subject>140104 Microeconomic Theory</subject><description>Strategi berarti sasaran, arahan, cara, tujuan. Sedangkan bisnis berarti jualbeli,
perniagaan, perdagangan, usaha. Strategi bisnis merupakan strategi yang
dirumuskan dan dijalankan untuk mencapai tujuan bisnis yang diharapkan.
Kegiatan bisnis yang benar mampu memperluas lapangan pekerjaan dan
memberikan dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta
mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan. Seperti bisnis bunga
hias di Desa Rembang ini. Mereka membuka jasa perentalan bunga hias sebagai
strategi dalam berbisnis agar dapat bersaing dengan pebisnis-pebisnis baru. Bukan
hanya itu, mereka juga menerapkan strategi pemasaran di dalamnya, sehingga
menambah bisnis mereka semakin unggul dan berkembang. Dari konteks
penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan
strategi bisnis bunga hias Desa Rembang?, 2) bagaimana strategi bisnis bunga
hias dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muslim Desa Rembang?
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya
adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dilakukan
dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi
dalam penelitian ini adalah para pelaku bisnis bunga hias Desa Rembang Kec.
Ngadiluwih Kab. Kediri.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) strategi bisnis yang
dijalankan oleh pelaku bisnis bunga hias sejauh ini telah berkembang dengan baik
(sesuai sasaran), 2) strategi bisnis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
dilihat dengan menggunakan indikator kesejahteraan menurut Islam dan BKKBN.
Menurut hasil yang diperoleh, kesejahteraan menurut BKKBN, kesejahteraan
masyarakat berada pada tingkat Keluarga Sejahtera Tahap III plus sesuai dengan
pemenuhan aspek-aspek seperti berikut ini: papan, sandang, papan, kesehatan,
pendidikan, agama, keluarga berencana, interaksi dalam keluarga, interaksi
dengan lingkungan, transportasi, tabungan, informasi, dan peranan dalam
masyarakat. Sedangkan kesejahteraan masyarakat menurut Islam, terdapat 3
indikator yaitu, menyembah Tuhan (Ibadatullah), menghilangkan lapar,
menghilangkan rasa takut. Terkait dengan 3 indikator tersebut, masyarakat
Muslim Desa Rembang menunjukkan bahwa telah terpenuhi indikator-indikator
tersebut dengan baik.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/1/931355915%20-%20PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/2/931355915%20-%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/3/931355915%20-%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/4/931355915%20-%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/5/931355915%20-%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/6/931355915%20-%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/9/931355915%20-%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/7/931355915%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/8/931355915%20-%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Nurvita, Evisna (2019) Strategi Bisnis Bunga Hias Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim Desa Rembang Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1891</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nurvita, Evisna |
title |
Strategi Bisnis Bunga Hias Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim Desa Rembang Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri |
publishDate |
2019 |
topic |
140104 Microeconomic Theory |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/1/931355915%20-%20PRA%20BAB.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/2/931355915%20-%20BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/3/931355915%20-%20BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/4/931355915%20-%20BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/5/931355915%20-%20BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/6/931355915%20-%20BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/9/931355915%20-%20BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/7/931355915%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/8/931355915%20-%20LAMPIRAN.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1891/ |
contents |
Strategi berarti sasaran, arahan, cara, tujuan. Sedangkan bisnis berarti jualbeli,
perniagaan, perdagangan, usaha. Strategi bisnis merupakan strategi yang
dirumuskan dan dijalankan untuk mencapai tujuan bisnis yang diharapkan.
Kegiatan bisnis yang benar mampu memperluas lapangan pekerjaan dan
memberikan dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta
mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan. Seperti bisnis bunga
hias di Desa Rembang ini. Mereka membuka jasa perentalan bunga hias sebagai
strategi dalam berbisnis agar dapat bersaing dengan pebisnis-pebisnis baru. Bukan
hanya itu, mereka juga menerapkan strategi pemasaran di dalamnya, sehingga
menambah bisnis mereka semakin unggul dan berkembang. Dari konteks
penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan
strategi bisnis bunga hias Desa Rembang?, 2) bagaimana strategi bisnis bunga
hias dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muslim Desa Rembang?
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya
adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dilakukan
dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi
dalam penelitian ini adalah para pelaku bisnis bunga hias Desa Rembang Kec.
Ngadiluwih Kab. Kediri.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) strategi bisnis yang
dijalankan oleh pelaku bisnis bunga hias sejauh ini telah berkembang dengan baik
(sesuai sasaran), 2) strategi bisnis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
dilihat dengan menggunakan indikator kesejahteraan menurut Islam dan BKKBN.
Menurut hasil yang diperoleh, kesejahteraan menurut BKKBN, kesejahteraan
masyarakat berada pada tingkat Keluarga Sejahtera Tahap III plus sesuai dengan
pemenuhan aspek-aspek seperti berikut ini: papan, sandang, papan, kesehatan,
pendidikan, agama, keluarga berencana, interaksi dalam keluarga, interaksi
dengan lingkungan, transportasi, tabungan, informasi, dan peranan dalam
masyarakat. Sedangkan kesejahteraan masyarakat menurut Islam, terdapat 3
indikator yaitu, menyembah Tuhan (Ibadatullah), menghilangkan lapar,
menghilangkan rasa takut. Terkait dengan 3 indikator tersebut, masyarakat
Muslim Desa Rembang menunjukkan bahwa telah terpenuhi indikator-indikator
tersebut dengan baik. |
id |
IOS6979.1891 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:51:57Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295577643810816 |
score |
17.538404 |