Analisis perilaku konsumen dalam pembelian jamu perspektif konsumsi islam (Studi Kasus di Agen Jamu Angger Waras Kelurahan Banjaran Kota Kediri)
ctrlnum |
1871 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/</relation><title>Analisis perilaku konsumen dalam pembelian jamu perspektif konsumsi islam
(Studi Kasus di Agen Jamu Angger Waras Kelurahan Banjaran Kota Kediri)</title><creator>Rokhmad, Saiful</creator><subject>140205 Environment and Resource Economics</subject><description>Perilaku konsumen merupakan perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam
mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan
jasa yang merekaharapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam Islam,
seorang konsumen harus menjauhi makanan dan minuman yang haram, sehingga
kewaspadaan konsumen harus dilakukan dalam melakukan pemilihan makanan
dan minuman yang akan dikonsumsi karena hal ini berhubungan dengan
pertanggung jawaban kepada Allah SWT. Perilaku konsumen jamu Angger Waras
menunjukkan bahwa di zaman modern ini, antusiasme masyarakat perkotaan
dalam mengkunsumsi jamu masih cukup tinggi padahal sekarang sudah banyak
dan mudah didapatkan obat-obatan kimia yang lebih paktis. Apalagi konsumen
pada agen jamu Angger Waras yang berada di Kelurahan Banjaran Kota Kediri ini
tidak mengetahui bahan dari jamu tersebut. Semua konsumen tidak
memperdulikan bahan apa yang mereka konsumsi dengan mengabaikan label dari
BPOM ataupun komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk. Padahal
untuk memperoleh pengetahuan tentang keamanan suatu produk adalah adanya
label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Melihat permasalahan
tersebut, maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih mendalam tentang apa faktor
yang melatarbelakangi konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger
Waras di Kelurahan Banjaran Kota Kediri yang ditinjau Konsumsi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri
antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, serta
penelitian bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut
merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan guna memperoleh data
penelitian.Tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan
perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perilaku konsumen dalam
pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras di Banjaran Kota Kediri
dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi: Faktor Kebudayaan, Faktor Pribadi,
Faktor Sosial, dan Faktor Psikologis. Sedangkan dalam pandangan Konsumsi
Islam, perilaku konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras
di Banjaran Kota Kediri secara keseluruhan sudah memenuhi prinsip-prinsip
konsumsi Islam yaitu prinsip kehalalan, kebersihan dan menyehatkan, serta
kesederhanaan. Akan tetapi perilaku konsumen dalam mencari informasi jamu
masih kurang maksimal. Para konsumen mengabaikan bahan apa yang mereka konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label
BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label
BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/1/931331414%20-%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/2/3.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/3/4.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/4/5.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/5/6.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/6/7.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/9/8.%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/10/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/11/10.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> Rokhmad, Saiful (2018) Analisis perilaku konsumen dalam pembelian jamu perspektif konsumsi islam (Studi Kasus di Agen Jamu Angger Waras Kelurahan Banjaran Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1871</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rokhmad, Saiful |
title |
Analisis perilaku konsumen dalam pembelian jamu perspektif konsumsi islam
(Studi Kasus di Agen Jamu Angger Waras Kelurahan Banjaran Kota Kediri) |
publishDate |
2018 |
topic |
140205 Environment and Resource Economics |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/1/931331414%20-%20prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/2/3.%20BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/3/4.%20BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/4/5.%20BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/5/6.%20BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/6/7.%20BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/9/8.%20BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/10/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA..pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/11/10.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/ |
contents |
Perilaku konsumen merupakan perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam
mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan
jasa yang merekaharapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam Islam,
seorang konsumen harus menjauhi makanan dan minuman yang haram, sehingga
kewaspadaan konsumen harus dilakukan dalam melakukan pemilihan makanan
dan minuman yang akan dikonsumsi karena hal ini berhubungan dengan
pertanggung jawaban kepada Allah SWT. Perilaku konsumen jamu Angger Waras
menunjukkan bahwa di zaman modern ini, antusiasme masyarakat perkotaan
dalam mengkunsumsi jamu masih cukup tinggi padahal sekarang sudah banyak
dan mudah didapatkan obat-obatan kimia yang lebih paktis. Apalagi konsumen
pada agen jamu Angger Waras yang berada di Kelurahan Banjaran Kota Kediri ini
tidak mengetahui bahan dari jamu tersebut. Semua konsumen tidak
memperdulikan bahan apa yang mereka konsumsi dengan mengabaikan label dari
BPOM ataupun komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk. Padahal
untuk memperoleh pengetahuan tentang keamanan suatu produk adalah adanya
label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Melihat permasalahan
tersebut, maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih mendalam tentang apa faktor
yang melatarbelakangi konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger
Waras di Kelurahan Banjaran Kota Kediri yang ditinjau Konsumsi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri
antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, serta
penelitian bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut
merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan guna memperoleh data
penelitian.Tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan
perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perilaku konsumen dalam
pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras di Banjaran Kota Kediri
dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi: Faktor Kebudayaan, Faktor Pribadi,
Faktor Sosial, dan Faktor Psikologis. Sedangkan dalam pandangan Konsumsi
Islam, perilaku konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras
di Banjaran Kota Kediri secara keseluruhan sudah memenuhi prinsip-prinsip
konsumsi Islam yaitu prinsip kehalalan, kebersihan dan menyehatkan, serta
kesederhanaan. Akan tetapi perilaku konsumen dalam mencari informasi jamu
masih kurang maksimal. Para konsumen mengabaikan bahan apa yang mereka konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label
BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label
BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk. |
id |
IOS6979.1871 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:51:55Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295577557827584 |
score |
17.538404 |