ctrlnum 1871
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/</relation><title>Analisis perilaku konsumen dalam pembelian jamu perspektif konsumsi islam&#xD; (Studi Kasus di Agen Jamu Angger Waras Kelurahan Banjaran Kota Kediri)</title><creator>Rokhmad, Saiful</creator><subject>140205 Environment and Resource Economics</subject><description>Perilaku konsumen merupakan perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam&#xD; mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan&#xD; jasa yang merekaharapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam Islam,&#xD; seorang konsumen harus menjauhi makanan dan minuman yang haram, sehingga&#xD; kewaspadaan konsumen harus dilakukan dalam melakukan pemilihan makanan&#xD; dan minuman yang akan dikonsumsi karena hal ini berhubungan dengan&#xD; pertanggung jawaban kepada Allah SWT. Perilaku konsumen jamu Angger Waras&#xD; menunjukkan bahwa di zaman modern ini, antusiasme masyarakat perkotaan&#xD; dalam mengkunsumsi jamu masih cukup tinggi padahal sekarang sudah banyak&#xD; dan mudah didapatkan obat-obatan kimia yang lebih paktis. Apalagi konsumen&#xD; pada agen jamu Angger Waras yang berada di Kelurahan Banjaran Kota Kediri ini&#xD; tidak mengetahui bahan dari jamu tersebut. Semua konsumen tidak&#xD; memperdulikan bahan apa yang mereka konsumsi dengan mengabaikan label dari&#xD; BPOM ataupun komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk. Padahal&#xD; untuk memperoleh pengetahuan tentang keamanan suatu produk adalah adanya&#xD; label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Melihat permasalahan&#xD; tersebut, maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih mendalam tentang apa faktor&#xD; yang melatarbelakangi konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger&#xD; Waras di Kelurahan Banjaran Kota Kediri yang ditinjau Konsumsi Islam.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri&#xD; antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, serta&#xD; penelitian bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode&#xD; observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut&#xD; merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan guna memperoleh data&#xD; penelitian.Tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan&#xD; perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perilaku konsumen dalam&#xD; pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras di Banjaran Kota Kediri&#xD; dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi: Faktor Kebudayaan, Faktor Pribadi,&#xD; Faktor Sosial, dan Faktor Psikologis. Sedangkan dalam pandangan Konsumsi&#xD; Islam, perilaku konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras&#xD; di Banjaran Kota Kediri secara keseluruhan sudah memenuhi prinsip-prinsip&#xD; konsumsi Islam yaitu prinsip kehalalan, kebersihan dan menyehatkan, serta&#xD; kesederhanaan. Akan tetapi perilaku konsumen dalam mencari informasi jamu&#xD; masih kurang maksimal. Para konsumen mengabaikan bahan apa yang mereka konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label&#xD; BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label&#xD; BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/1/931331414%20-%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/2/3.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/3/4.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/4/5.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/5/6.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/6/7.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/9/8.%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/10/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/11/10.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> Rokhmad, Saiful (2018) Analisis perilaku konsumen dalam pembelian jamu perspektif konsumsi islam (Studi Kasus di Agen Jamu Angger Waras Kelurahan Banjaran Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1871</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rokhmad, Saiful
title Analisis perilaku konsumen dalam pembelian jamu perspektif konsumsi islam (Studi Kasus di Agen Jamu Angger Waras Kelurahan Banjaran Kota Kediri)
publishDate 2018
topic 140205 Environment and Resource Economics
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/1/931331414%20-%20prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/2/3.%20BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/3/4.%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/4/5.%20BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/5/6.%20BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/6/7.%20BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/9/8.%20BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/10/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA..pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/11/10.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1871/
contents Perilaku konsumen merupakan perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang merekaharapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam Islam, seorang konsumen harus menjauhi makanan dan minuman yang haram, sehingga kewaspadaan konsumen harus dilakukan dalam melakukan pemilihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi karena hal ini berhubungan dengan pertanggung jawaban kepada Allah SWT. Perilaku konsumen jamu Angger Waras menunjukkan bahwa di zaman modern ini, antusiasme masyarakat perkotaan dalam mengkunsumsi jamu masih cukup tinggi padahal sekarang sudah banyak dan mudah didapatkan obat-obatan kimia yang lebih paktis. Apalagi konsumen pada agen jamu Angger Waras yang berada di Kelurahan Banjaran Kota Kediri ini tidak mengetahui bahan dari jamu tersebut. Semua konsumen tidak memperdulikan bahan apa yang mereka konsumsi dengan mengabaikan label dari BPOM ataupun komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk. Padahal untuk memperoleh pengetahuan tentang keamanan suatu produk adalah adanya label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih mendalam tentang apa faktor yang melatarbelakangi konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras di Kelurahan Banjaran Kota Kediri yang ditinjau Konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar belakang yang alami dan peneliti sebagai sumber kunci, serta penelitian bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan guna memperoleh data penelitian.Tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perilaku konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras di Banjaran Kota Kediri dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi: Faktor Kebudayaan, Faktor Pribadi, Faktor Sosial, dan Faktor Psikologis. Sedangkan dalam pandangan Konsumsi Islam, perilaku konsumen dalam pembelian jamu pada agen jamu Angger Waras di Banjaran Kota Kediri secara keseluruhan sudah memenuhi prinsip-prinsip konsumsi Islam yaitu prinsip kehalalan, kebersihan dan menyehatkan, serta kesederhanaan. Akan tetapi perilaku konsumen dalam mencari informasi jamu masih kurang maksimal. Para konsumen mengabaikan bahan apa yang mereka konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk konsumsi terkait aman atau tidaknya produk tersebut dengan mengabaikan label BPOM atau daftar komposisi yang seharusnya tertera pada kemasan produk.
id IOS6979.1871
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:51:55Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:55Z
recordtype dc
_version_ 1695295577557827584
score 17.538404