Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering mengalami kesulitan dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Hal ini berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Oleh karena itu, perlu adanya strategi khusus dari guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Fokus penelitian dari deskripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan individual, pemberian pengayaan dan pemberian bimbingan. 2) Bagaiman guru sejarah kebudayaan Islam dalam memotivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi tersebut? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Miftahul Afkar. Data yang didapatkan peneliti dari guru keagamaan dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan 1)Strategi guru sejarah kebudayaan Islam melalui pendekatan individual dengan mendekati siswa satu persatu. Guru harus mengenali karakter masing-masing individu karena setiap individu mempunyai karakter dan kemampuan belajar yang berbeda-beda, guru harus mampu menyajikan pelajaran yang menarik dan tidak membosankan. 2) Strategi guru sejarah kebudayaan Islam melalui pemberian pengayaan yaitu dengan memberikan tugas tambahan pada siswa yang harus dikerjakan dilembaran dan dikumpulkan jika siswa tetap tidak mengerjakan tugasnya maka siswa tidak mendapatkan nilai. 3) Strategi guru sejarah kebudayaan Islam melalui pemberian bimbingan dengan melakukan pendekatan individual terlebih dahulu untuk mengetahui dan mendalami karakter siswa, kepribadian siswa sehingga dengan hal ini guru mampu mengetahui keluh kesah siswa.