ctrlnum 1855
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/</relation><title>STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN&#xD; KEDISIPLINAN GURU DI MAN 2 KABUPATEN KEDIRI</title><creator>ROFIAH, TIA ALIYATUR</creator><subject>130313 Teacher Education and Professional Development of Educators</subject><description>Kata Kunci: Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru.&#xD; Kedisiplinan guru di lembaga pendidikan dapat ditingkatkan dengan adanya&#xD; strategi yang di buat oleh kepala Madrasah. Kepala Madrasah memiliki peran yang&#xD; sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Hal tersebut telah&#xD; diatur dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014&#xD; Pasal 3 bahwa tugas kepala Madrasah yakni merencanakan, mengelola, memimpin,&#xD; dan mengendalikan program dan komponen penyelenggaraan pendidikan pada&#xD; Madrasah berdasarkan standart nasional pendidikan. Strategi dalam meningkatkan&#xD; kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri diperlukan karena sebagian guru&#xD; masih belum sepenuhnya menyadari akan tugas pentingnya sebagai pendidik dan&#xD; pengajar bagi peserta didik. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana&#xD; kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri? (2) Apa saja bentuk-bentuk dari&#xD; strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN 2&#xD; Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana dampak dari strategi kepala madrasah dalam&#xD; meningkatkan kedisiplinan bagi guru?.&#xD; Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis&#xD; penelitian ini adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara&#xD; terinci, dan mendalam terhadap individu/kelompok. Sumber data penelitian ini&#xD; adalah mereka yang terlibat langsung dalam peningkatan kedisiplinan guru seperti&#xD; kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru, staff TU dan perwakilan siswa.&#xD; Metode pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan&#xD; dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan&#xD; pengambilan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan&#xD; perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.&#xD; Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) kedisiplinan guru di&#xD; MAN 2, yaitu a) datang dan pulang tepat waktu, b) masuk kelas tepat waktu, c)&#xD; tidak meninggalkan lingkungan madrasah ketika masih bertugas, d) mengikuti&#xD; aturan yang dibuat oleh kepala madrasah. (2) bentuk-bentuk strategi kepala&#xD; madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, yakni a) figur kepala madrasah,&#xD; b) adanya jurnal KBM, c) pemasangan cctv disetiap ruangan, d) pemberian&#xD; motivasi, e) pemberian kesempatan bagi murid untuk menyampaikan keluh&#xD; kesahnya yang berkenaan dengan kedisiplinan guru, e) adanya tata tertib. (3)&#xD; dampak dari strategi tersebut, yakni, a) guru menjadi lebih disiplin, b) merasa&#xD; diawasi dan tidak bisa bertingkah laku bebas.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/3/932112914_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/4/932112914_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/5/932112914_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/6/932112914_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/7/932112914_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/8/932112914_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/9/932112914_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/10/932112914_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ROFIAH, TIA ALIYATUR (2018) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MAN 2 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1855</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ROFIAH, TIA ALIYATUR
title STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MAN 2 KABUPATEN KEDIRI
publishDate 2018
topic 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/3/932112914_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/4/932112914_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/5/932112914_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/6/932112914_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/7/932112914_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/8/932112914_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/9/932112914_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/10/932112914_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1855/
contents Kata Kunci: Kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru. Kedisiplinan guru di lembaga pendidikan dapat ditingkatkan dengan adanya strategi yang di buat oleh kepala Madrasah. Kepala Madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 Pasal 3 bahwa tugas kepala Madrasah yakni merencanakan, mengelola, memimpin, dan mengendalikan program dan komponen penyelenggaraan pendidikan pada Madrasah berdasarkan standart nasional pendidikan. Strategi dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri diperlukan karena sebagian guru masih belum sepenuhnya menyadari akan tugas pentingnya sebagai pendidik dan pengajar bagi peserta didik. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri? (2) Apa saja bentuk-bentuk dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN 2 Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana dampak dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan bagi guru?. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara terinci, dan mendalam terhadap individu/kelompok. Sumber data penelitian ini adalah mereka yang terlibat langsung dalam peningkatan kedisiplinan guru seperti kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru, staff TU dan perwakilan siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) kedisiplinan guru di MAN 2, yaitu a) datang dan pulang tepat waktu, b) masuk kelas tepat waktu, c) tidak meninggalkan lingkungan madrasah ketika masih bertugas, d) mengikuti aturan yang dibuat oleh kepala madrasah. (2) bentuk-bentuk strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, yakni a) figur kepala madrasah, b) adanya jurnal KBM, c) pemasangan cctv disetiap ruangan, d) pemberian motivasi, e) pemberian kesempatan bagi murid untuk menyampaikan keluh kesahnya yang berkenaan dengan kedisiplinan guru, e) adanya tata tertib. (3) dampak dari strategi tersebut, yakni, a) guru menjadi lebih disiplin, b) merasa diawasi dan tidak bisa bertingkah laku bebas.
id IOS6979.1855
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
recordtype dc
_version_ 1695295577281003520
score 17.538404