MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO KOTA KEDIRI
ctrlnum |
1814 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/</relation><title>MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK
PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO
KOTA KEDIRI</title><creator>HIKMAH, LUTFIYATUL</creator><subject>130199 Education systems not elsewhere classified</subject><description>Kata Kunci: Pondok pesantren, Pendidikan Karakter
Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa, hilangnya
karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Pondok Pesantren Putri
Hidayatul Mubtadiat (P3HM) Lirboyo merupakan pondok salaf yang sudah menerapkan
sistem tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib dalam pendidikannya, dengan misi yang pertamanya
yaitu Terwujudnya generasi islam yang berakhlaqul karimah dan berilmu. Fokus
penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok
Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? 2) Apa saja nilai-nilai
karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo
kota Kediri? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan
pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota
Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri.
Selanjutnya akan dilakukan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah
diperoleh, mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola atau kategori. Tahap
akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, member
check dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penanaman pendidikan karakter di
Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri melalui pembiasaan,
keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan kegiatan belajar kelompok. 2) nilainilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat
Lirboyo kota Kediri antara lain nilai religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, gemar
mambaca, komunikatif, tawadhu’ dan sopan santun. 3) faktor pendukung dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul
Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri antara lain motivasi diri, tanggung jawab, pengajar
yang berkompeten, serta amanah yang diemban pondok pesantren. Sedangakan faktor
penghambatnya antara lain kurangnya kesadaran diri, faktor usia santri, dan teman
pergaulan</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/1/932104414_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/2/932104414_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/3/932104414_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/4/932104414_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/5/932104414_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/6/932104414_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/7/932104414_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/8/932104414_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HIKMAH, LUTFIYATUL (2018) MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1814</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HIKMAH, LUTFIYATUL |
title |
MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK
PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO
KOTA KEDIRI |
publishDate |
2018 |
topic |
130199 Education systems not elsewhere classified |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/1/932104414_PRA%20BAB.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/2/932104414_BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/3/932104414_BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/4/932104414_BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/5/932104414_BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/6/932104414_BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/7/932104414_BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/8/932104414_LAMPIRAN.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/ |
contents |
Kata Kunci: Pondok pesantren, Pendidikan Karakter
Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa, hilangnya
karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Pondok Pesantren Putri
Hidayatul Mubtadiat (P3HM) Lirboyo merupakan pondok salaf yang sudah menerapkan
sistem tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib dalam pendidikannya, dengan misi yang pertamanya
yaitu Terwujudnya generasi islam yang berakhlaqul karimah dan berilmu. Fokus
penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok
Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? 2) Apa saja nilai-nilai
karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo
kota Kediri? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan
pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota
Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri.
Selanjutnya akan dilakukan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah
diperoleh, mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola atau kategori. Tahap
akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, member
check dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penanaman pendidikan karakter di
Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri melalui pembiasaan,
keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan kegiatan belajar kelompok. 2) nilainilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat
Lirboyo kota Kediri antara lain nilai religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, gemar
mambaca, komunikatif, tawadhu’ dan sopan santun. 3) faktor pendukung dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul
Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri antara lain motivasi diri, tanggung jawab, pengajar
yang berkompeten, serta amanah yang diemban pondok pesantren. Sedangakan faktor
penghambatnya antara lain kurangnya kesadaran diri, faktor usia santri, dan teman
pergaulan |
id |
IOS6979.1814 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:51:54Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:54Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295577097502720 |
score |
17.538404 |