ctrlnum 1814
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/</relation><title>MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK&#xD; PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO&#xD; KOTA KEDIRI</title><creator>HIKMAH, LUTFIYATUL</creator><subject>130199 Education systems not elsewhere classified</subject><description>Kata Kunci: Pondok pesantren, Pendidikan Karakter&#xD; Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa, hilangnya&#xD; karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Pondok Pesantren Putri&#xD; Hidayatul Mubtadiat (P3HM) Lirboyo merupakan pondok salaf yang sudah menerapkan&#xD; sistem tarbiyah, ta&#x2019;lim, dan ta&#x2019;dib dalam pendidikannya, dengan misi yang pertamanya&#xD; yaitu Terwujudnya generasi islam yang berakhlaqul karimah dan berilmu. Fokus&#xD; penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok&#xD; Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? 2) Apa saja nilai-nilai&#xD; karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo&#xD; kota Kediri? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan&#xD; pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota&#xD; Kediri?&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian&#xD; deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan&#xD; dokumentasi di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri.&#xD; Selanjutnya akan dilakukan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah&#xD; diperoleh, mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola atau kategori. Tahap&#xD; akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, member&#xD; check dan trianggulasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penanaman pendidikan karakter di&#xD; Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri melalui pembiasaan,&#xD; keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan kegiatan belajar kelompok. 2) nilainilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat&#xD; Lirboyo kota Kediri antara lain nilai religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, gemar&#xD; mambaca, komunikatif, tawadhu&#x2019; dan sopan santun. 3) faktor pendukung dalam&#xD; mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul&#xD; Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri antara lain motivasi diri, tanggung jawab, pengajar&#xD; yang berkompeten, serta amanah yang diemban pondok pesantren. Sedangakan faktor&#xD; penghambatnya antara lain kurangnya kesadaran diri, faktor usia santri, dan teman&#xD; pergaulan</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/1/932104414_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/2/932104414_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/3/932104414_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/4/932104414_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/5/932104414_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/6/932104414_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/7/932104414_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/8/932104414_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HIKMAH, LUTFIYATUL (2018) MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1814</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HIKMAH, LUTFIYATUL
title MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO KOTA KEDIRI
publishDate 2018
topic 130199 Education systems not elsewhere classified
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/1/932104414_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/2/932104414_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/3/932104414_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/4/932104414_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/5/932104414_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/6/932104414_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/7/932104414_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/8/932104414_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1814/
contents Kata Kunci: Pondok pesantren, Pendidikan Karakter Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa, hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiat (P3HM) Lirboyo merupakan pondok salaf yang sudah menerapkan sistem tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib dalam pendidikannya, dengan misi yang pertamanya yaitu Terwujudnya generasi islam yang berakhlaqul karimah dan berilmu. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? 2) Apa saja nilai-nilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri. Selanjutnya akan dilakukan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh, mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola atau kategori. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, member check dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penanaman pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri melalui pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan kegiatan belajar kelompok. 2) nilainilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri antara lain nilai religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, gemar mambaca, komunikatif, tawadhu’ dan sopan santun. 3) faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri antara lain motivasi diri, tanggung jawab, pengajar yang berkompeten, serta amanah yang diemban pondok pesantren. Sedangakan faktor penghambatnya antara lain kurangnya kesadaran diri, faktor usia santri, dan teman pergaulan
id IOS6979.1814
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
recordtype dc
_version_ 1695295577097502720
score 17.538404