ctrlnum 1811
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/</relation><title>PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN&#xD; MENGHAFAL AL-QUR&#x2019;AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI&#xD; TAHUN PELAJARAN 2017/2018</title><creator>HABIBI, FINDI IMRON</creator><subject>13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)</subject><description>Kata Kunci: Metode Wafa, Kemampuan Menghafal Al-Qur&#x2019;an&#xD; Al-Qur&#x2019;an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam,&#xD; yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia. Al-Qur&#x2019;an diturunkan kepada&#xD; Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat&#xD; manusia. Metode Wafa merupakan metode pembelajaran Al-Qur&#x2019;an dengan&#xD; memaksimalkan fungsi otak kanan, dengan alunan nada hijaz. SMPIT Bina Insani&#xD; merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ungul dalam bidang&#xD; hafalan Al-Qur&#x2019;an. Dari konteks penelitian tersebut, maka penulis ingin&#xD; mengetahui 1) Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an siswa di SMPIT&#xD; Bina Insani Lirboyo Kota Kediri; 2) Bagaimana penerapan Metode Wafa dalam&#xD; meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di SMPIT Bina Insani Lirboyo&#xD; Kota Kediri; 3) Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan Metode&#xD; Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an di SMPIT Bina&#xD; Insani Lirboyo Kota Kediri.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian&#xD; studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi,&#xD; wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini&#xD; yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan,&#xD; tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.&#xD; Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal AlQur&#x2019;an siswa di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri cukup baik, persentase&#xD; untuk siswa lulus kelas 9 SMP yang sudah di target hafalan menghasilkan lulusan&#xD; 60 % hafalan 3 juz, 30 % hafalan 2 juz, 10 % hafalan 1 juz; 2) Penerapan Metode&#xD; Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an di SMPIT Bina&#xD; Insani Lirboyo Kota Kediri digunakan sebagai proses awal untuk menunjang&#xD; bacaan siswa dalam menghafal Al-Qur&#x2019;an; 3) Faktor-faktor yang menjadi&#xD; penghambat penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan&#xD; menghafal Al-Qur&#x2019;an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri disebabkan oleh&#xD; 3 faktor yaitu: a) Faktor dari sekolah: Jam pelajaran Al-Qur&#x2019;an di jam-jam siang,&#xD; b) Faktor dari guru Al-Qur&#x2019;an: Guru baru yang masih membutuhkan pembinaan,&#xD; guru belum sertifikasi, guru yang belum standar dan kurang pembekalan,&#xD; c) Faktor dari siswa: Kurangnya motivasi, saat hafalan mudah mengantuk, jenuh,&#xD; malas, dan kurang konsentrasi saat pelajaran, jenuh dan malas hafalan di kelas,&#xD; belum memahami penjelasan dan asbabun nuzul dalam menghafal Al-Qur&#x2019;an&#xD; kurang memahami kemampuannya. Upaya dalam meningkatkan kemampuan&#xD; menghafal Al-Qur&#x2019;an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri ada 3 yaitu: &#xD; a) Upaya dari sekolah: Mengganti jam pelajaran Al-Qur&#x2019;an dari jam siang ke jam&#xD; pelajaran yang lebih pagi, b) Upaya yang dilakukan guru Al-Qur&#x2019;an: Pembinaan&#xD; dan di briefing, guru wajib mengikuti sertifikasi, guru wajib mengikuti kegiatan&#xD; tahsin dan pembekalan, c) Upaya yang diberikan guru Al-Qur&#x2019;an kepada siswa:&#xD; Memberikan motivasi dan menceritakan kisah-kisah Hafidz Qur&#x2019;an, melakukan&#xD; ice breaking, outing class, menyampaikan asbabun nuzul, d) Upaya yang&#xD; dilakukan siswa: memotivasi diri sendiri, membuat target hafalan, terus belajar.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/1/932107514_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/2/932107514_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/3/932107514_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/4/932107514_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/5/932107514_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/6/932107514_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/7/932107514_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/8/932107514_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HABIBI, FINDI IMRON (2018) PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR&#x2019;AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1811</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HABIBI, FINDI IMRON
title PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
publishDate 2018
topic 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/1/932107514_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/2/932107514_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/3/932107514_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/4/932107514_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/5/932107514_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/6/932107514_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/7/932107514_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/8/932107514_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/
contents Kata Kunci: Metode Wafa, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam, yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat manusia. Metode Wafa merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an dengan memaksimalkan fungsi otak kanan, dengan alunan nada hijaz. SMPIT Bina Insani merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ungul dalam bidang hafalan Al-Qur’an. Dari konteks penelitian tersebut, maka penulis ingin mengetahui 1) Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri; 2) Bagaimana penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri; 3) Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal AlQur’an siswa di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri cukup baik, persentase untuk siswa lulus kelas 9 SMP yang sudah di target hafalan menghasilkan lulusan 60 % hafalan 3 juz, 30 % hafalan 2 juz, 10 % hafalan 1 juz; 2) Penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri digunakan sebagai proses awal untuk menunjang bacaan siswa dalam menghafal Al-Qur’an; 3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri disebabkan oleh 3 faktor yaitu: a) Faktor dari sekolah: Jam pelajaran Al-Qur’an di jam-jam siang, b) Faktor dari guru Al-Qur’an: Guru baru yang masih membutuhkan pembinaan, guru belum sertifikasi, guru yang belum standar dan kurang pembekalan, c) Faktor dari siswa: Kurangnya motivasi, saat hafalan mudah mengantuk, jenuh, malas, dan kurang konsentrasi saat pelajaran, jenuh dan malas hafalan di kelas, belum memahami penjelasan dan asbabun nuzul dalam menghafal Al-Qur’an kurang memahami kemampuannya. Upaya dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri ada 3 yaitu: a) Upaya dari sekolah: Mengganti jam pelajaran Al-Qur’an dari jam siang ke jam pelajaran yang lebih pagi, b) Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an: Pembinaan dan di briefing, guru wajib mengikuti sertifikasi, guru wajib mengikuti kegiatan tahsin dan pembekalan, c) Upaya yang diberikan guru Al-Qur’an kepada siswa: Memberikan motivasi dan menceritakan kisah-kisah Hafidz Qur’an, melakukan ice breaking, outing class, menyampaikan asbabun nuzul, d) Upaya yang dilakukan siswa: memotivasi diri sendiri, membuat target hafalan, terus belajar.
id IOS6979.1811
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:54Z
recordtype dc
_version_ 1695295577091211264
score 17.538404