PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
ctrlnum |
1811 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/</relation><title>PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018</title><creator>HABIBI, FINDI IMRON</creator><subject>13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)</subject><description>Kata Kunci: Metode Wafa, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam,
yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia. Al-Qur’an diturunkan kepada
Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat
manusia. Metode Wafa merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an dengan
memaksimalkan fungsi otak kanan, dengan alunan nada hijaz. SMPIT Bina Insani
merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ungul dalam bidang
hafalan Al-Qur’an. Dari konteks penelitian tersebut, maka penulis ingin
mengetahui 1) Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMPIT
Bina Insani Lirboyo Kota Kediri; 2) Bagaimana penerapan Metode Wafa dalam
meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di SMPIT Bina Insani Lirboyo
Kota Kediri; 3) Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan Metode
Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina
Insani Lirboyo Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini
yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan,
tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal AlQur’an siswa di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri cukup baik, persentase
untuk siswa lulus kelas 9 SMP yang sudah di target hafalan menghasilkan lulusan
60 % hafalan 3 juz, 30 % hafalan 2 juz, 10 % hafalan 1 juz; 2) Penerapan Metode
Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina
Insani Lirboyo Kota Kediri digunakan sebagai proses awal untuk menunjang
bacaan siswa dalam menghafal Al-Qur’an; 3) Faktor-faktor yang menjadi
penghambat penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan
menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri disebabkan oleh
3 faktor yaitu: a) Faktor dari sekolah: Jam pelajaran Al-Qur’an di jam-jam siang,
b) Faktor dari guru Al-Qur’an: Guru baru yang masih membutuhkan pembinaan,
guru belum sertifikasi, guru yang belum standar dan kurang pembekalan,
c) Faktor dari siswa: Kurangnya motivasi, saat hafalan mudah mengantuk, jenuh,
malas, dan kurang konsentrasi saat pelajaran, jenuh dan malas hafalan di kelas,
belum memahami penjelasan dan asbabun nuzul dalam menghafal Al-Qur’an
kurang memahami kemampuannya. Upaya dalam meningkatkan kemampuan
menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri ada 3 yaitu: 
a) Upaya dari sekolah: Mengganti jam pelajaran Al-Qur’an dari jam siang ke jam
pelajaran yang lebih pagi, b) Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an: Pembinaan
dan di briefing, guru wajib mengikuti sertifikasi, guru wajib mengikuti kegiatan
tahsin dan pembekalan, c) Upaya yang diberikan guru Al-Qur’an kepada siswa:
Memberikan motivasi dan menceritakan kisah-kisah Hafidz Qur’an, melakukan
ice breaking, outing class, menyampaikan asbabun nuzul, d) Upaya yang
dilakukan siswa: memotivasi diri sendiri, membuat target hafalan, terus belajar.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/1/932107514_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/2/932107514_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/3/932107514_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/4/932107514_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/5/932107514_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/6/932107514_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/7/932107514_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/8/932107514_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HABIBI, FINDI IMRON (2018) PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1811</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HABIBI, FINDI IMRON |
title |
PENERAPAN METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMPIT BINA INSANI LIRBOYO KOTA KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018 |
publishDate |
2018 |
topic |
13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/1/932107514_PRA%20BAB.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/2/932107514_BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/3/932107514_BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/4/932107514_BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/5/932107514_BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/6/932107514_BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/7/932107514_BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/8/932107514_LAMPIRAN.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1811/ |
contents |
Kata Kunci: Metode Wafa, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam,
yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia. Al-Qur’an diturunkan kepada
Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat
manusia. Metode Wafa merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an dengan
memaksimalkan fungsi otak kanan, dengan alunan nada hijaz. SMPIT Bina Insani
merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang ungul dalam bidang
hafalan Al-Qur’an. Dari konteks penelitian tersebut, maka penulis ingin
mengetahui 1) Bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMPIT
Bina Insani Lirboyo Kota Kediri; 2) Bagaimana penerapan Metode Wafa dalam
meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di SMPIT Bina Insani Lirboyo
Kota Kediri; 3) Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat penerapan Metode
Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina
Insani Lirboyo Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini
yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu tahap pra-lapangan,
tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal AlQur’an siswa di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri cukup baik, persentase
untuk siswa lulus kelas 9 SMP yang sudah di target hafalan menghasilkan lulusan
60 % hafalan 3 juz, 30 % hafalan 2 juz, 10 % hafalan 1 juz; 2) Penerapan Metode
Wafa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina
Insani Lirboyo Kota Kediri digunakan sebagai proses awal untuk menunjang
bacaan siswa dalam menghafal Al-Qur’an; 3) Faktor-faktor yang menjadi
penghambat penerapan Metode Wafa dalam meningkatkan kemampuan
menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri disebabkan oleh
3 faktor yaitu: a) Faktor dari sekolah: Jam pelajaran Al-Qur’an di jam-jam siang,
b) Faktor dari guru Al-Qur’an: Guru baru yang masih membutuhkan pembinaan,
guru belum sertifikasi, guru yang belum standar dan kurang pembekalan,
c) Faktor dari siswa: Kurangnya motivasi, saat hafalan mudah mengantuk, jenuh,
malas, dan kurang konsentrasi saat pelajaran, jenuh dan malas hafalan di kelas,
belum memahami penjelasan dan asbabun nuzul dalam menghafal Al-Qur’an
kurang memahami kemampuannya. Upaya dalam meningkatkan kemampuan
menghafal Al-Qur’an di SMPIT Bina Insani Lirboyo Kota Kediri ada 3 yaitu:
a) Upaya dari sekolah: Mengganti jam pelajaran Al-Qur’an dari jam siang ke jam
pelajaran yang lebih pagi, b) Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an: Pembinaan
dan di briefing, guru wajib mengikuti sertifikasi, guru wajib mengikuti kegiatan
tahsin dan pembekalan, c) Upaya yang diberikan guru Al-Qur’an kepada siswa:
Memberikan motivasi dan menceritakan kisah-kisah Hafidz Qur’an, melakukan
ice breaking, outing class, menyampaikan asbabun nuzul, d) Upaya yang
dilakukan siswa: memotivasi diri sendiri, membuat target hafalan, terus belajar. |
id |
IOS6979.1811 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2021-03-26T11:51:54Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:54Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295577091211264 |
score |
17.538404 |