Daftar Isi:
  • Kata kunci: Pembelajaran Agama Islam, Kepribadian Muslim. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Burengan II Kota Kediri dengan pertimbangan, sekolah ini merupakan sekolah umum yang mempunyai program keagamaan yang baik sehingga dengan adanya program tersebut diharapkan dapat berperan dalam menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman tentang agama Islam sehingga dapat mengarahkan peserta didik untuk menjadi generasi Muslim yang mempunyai kualitas keagamaan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Burengan II Kota Kediri, yang mencakup (a) persiapan pembelajaran pendidikan agama Islam , (b) pengorganisasian pembelajaran pendidikan agama Islam, (c) pelaksanaan pendidikan agama Islam di SDN Burengan II Kota Kediri, (d) evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam , yang mana memberikan pengaruh pada pembentukan kepribadian siswa di SDN Burengan II Kota Kediri. Kemudian (2) dampak pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan kepribadian siswa di SDN Burengan II Kota Kediri, yang mana memberikan dampak bagi (a) intern (dalam), (b) extern (luar). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SDN Burengan II Kota Kediri. Alasan peneliti memilih sekolah ini dikarenakan dalam membentuk kepribadian sangat bagus dan sangat toleran di Kota Kediri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang mana sumber datanya dari orang (people), dokumen (paper) dan tempat (place). Sedangkan untuk memperoleh data didapat dari informan dalam berbagai bentuk seperti catatan tertulis, wawancara, observasi dan foto. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas : Kepala SDN Burengan II Kota Kediri, Waka Kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Burengan II Kota Kediri sangatlah bagus dalam perkembangan suatu pendidikan dan layak untuk dilanjutkan agar tidak terjadi suatu kecerobohan dalam pelaksanaan.begitu pula dampak pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan kepribadian siswa di SDN Burengan II Kota Kediri , pihak sekolah harus lebih intens dalam hal pengawasan dan melatih anak dalam hal pembentukan kepribadian anak.