ctrlnum 1780
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/</relation><title>PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM&#xD; MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA&#xD; ISLAM DI SMP GUPPI (GERAKAN USAHA&#xD; PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM) KUWIK&#xD; KUNJANG KEDIRI</title><creator>ILAHI, ISNA PUTRI NUR</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kata Kunci :Peningkatan Mutu, Pendidikan Agama Islam.&#xD; Penelitian ini dilakukan karena krisis akhlaq yang menerpa pada sebagian&#xD; besar lapisan masyarakat. Tidak terkecuali juga pada anak-anak sekolah. Untuk&#xD; mencegah lebih parahnya krisis akhlak tersebut, tentu tidak lepas dari peran&#xD; kepala sekolah untuk mengatasi segala problem yang ada, perlunya perhatikan&#xD; melalui lembaga pendidikan. Penelitian dilaksanakan di SMP GUPPI kuwik&#xD; Kunjang Kediri sebab, merupakan salah satu lembaga pendidikan Formal di&#xD; Tingkat Sekolah Menengah Pertama yang masih terus bertahan di tengah ketatnya&#xD; persaingan antar lembaga pendidikan. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini&#xD; adalah Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama&#xD; Islam, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama&#xD; Islam.&#xD; Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis&#xD; penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara,&#xD; observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara&#xD; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk&#xD; melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan&#xD; keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.&#xD; Dalam penelitian ini dihasilkan tiga penemuan yaitu 1) Pelaksanaan&#xD; peningkatan mutu pendidikan agama Islam siswa SMP GUPPI Kunjang kediri: a.&#xD; Dilaksanakan dengan cara kegiatan peningkatan mutu pendidikan agama Islam&#xD; melalui pembiasaan disekolah b. Evaluasi untuk penilaian peningkatan mutu&#xD; pendidikan agama Islam dengan nilai pendidikan agama Islam yang telah&#xD; diintegrasikan. Jadi, guru tidak membuat format penilaian khusus cara menilai&#xD; karakter dan religius siswa. d. Guru menilai karakter dan religius siswa diluar&#xD; kelas. 2) Faktor pendukung: a. Adanya program edukasi &#x201C;ubuiyah&#x201D; b. sarana&#xD; prasarana yang memadai c. Lingkungan sekolah yang kondusif d. Guru bersikap&#xD; ramah, disiplin, tegas dan santun kepada siswa. 3) Upaya untuk meningkatkan&#xD; pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan agama Islam SMP GUPPI Kunjang&#xD; Kediri&#xD; a. Mengikut sertakan guru-guru dibidangnya untuk mengikuti penataran-penataran&#xD; b. Guru selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa c. Melakukan&#xD; konseling terhadap siswa d. Mengadakan kerjasama dengan wali murid.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/1/932109714_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/2/932109714_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/3/932109714_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/4/932109714_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/5/932109714_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/6/932109714_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/7/932109714_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/8/932109714_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ILAHI, ISNA PUTRI NUR (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GUPPI (GERAKAN USAHA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM) KUWIK KUNJANG KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1780</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ILAHI, ISNA PUTRI NUR
title PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GUPPI (GERAKAN USAHA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM) KUWIK KUNJANG KEDIRI
publishDate 2018
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/1/932109714_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/2/932109714_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/3/932109714_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/4/932109714_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/5/932109714_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/6/932109714_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/7/932109714_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/8/932109714_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1780/
contents Kata Kunci :Peningkatan Mutu, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan karena krisis akhlaq yang menerpa pada sebagian besar lapisan masyarakat. Tidak terkecuali juga pada anak-anak sekolah. Untuk mencegah lebih parahnya krisis akhlak tersebut, tentu tidak lepas dari peran kepala sekolah untuk mengatasi segala problem yang ada, perlunya perhatikan melalui lembaga pendidikan. Penelitian dilaksanakan di SMP GUPPI kuwik Kunjang Kediri sebab, merupakan salah satu lembaga pendidikan Formal di Tingkat Sekolah Menengah Pertama yang masih terus bertahan di tengah ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam penelitian ini dihasilkan tiga penemuan yaitu 1) Pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan agama Islam siswa SMP GUPPI Kunjang kediri: a. Dilaksanakan dengan cara kegiatan peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui pembiasaan disekolah b. Evaluasi untuk penilaian peningkatan mutu pendidikan agama Islam dengan nilai pendidikan agama Islam yang telah diintegrasikan. Jadi, guru tidak membuat format penilaian khusus cara menilai karakter dan religius siswa. d. Guru menilai karakter dan religius siswa diluar kelas. 2) Faktor pendukung: a. Adanya program edukasi “ubuiyah” b. sarana prasarana yang memadai c. Lingkungan sekolah yang kondusif d. Guru bersikap ramah, disiplin, tegas dan santun kepada siswa. 3) Upaya untuk meningkatkan pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan agama Islam SMP GUPPI Kunjang Kediri a. Mengikut sertakan guru-guru dibidangnya untuk mengikuti penataran-penataran b. Guru selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa c. Melakukan konseling terhadap siswa d. Mengadakan kerjasama dengan wali murid.
id IOS6979.1780
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:42:00Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:53Z
recordtype dc
_version_ 1695295576940216320
score 17.538404