Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri
ctrlnum |
1767 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/</relation><title>Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri</title><creator>Jayanti, Andiny Romi</creator><subject>170103 Educational Psychology</subject><subject>170109 Personality, Abilities and Assessment</subject><description>Salah satu tugas perkembangan pada masa kanak-kanak adalah interaksi
sosial. Sayangnya, tidak semua anak bisa tumbuh dengan normal, beberapa anak
memiliki gangguan pada perkembangan, salah satu gangguan itu adalah autis.
Masalah yang umum terlihat pada anak autis adalah kesulitan melakukan interaksi
sosial. Adapun lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan terapi pada anak
dengan gangguan autis adalah Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” yang
berlokasi di Mrican, Kota Kediri, yang cukup dikenal oleh masyarakat Kediri
sebagai tempat terapi yang melatih kemampuan kognitif, motorik, dan afektif.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi sosial
pada anak autis dan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak
autis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan
secara naratif. Penggumpulan data menggunakan metode wawancara semi
terstruktur dan observasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pendidikan Khusus
Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri, beralamat di Jalan Dworowati No.59,
Dermo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4
anak autis berusia 7-9 tahun. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara
dan observasi, sedangkan data sekundernya adalah dokumentasi, jurnal dan buku.
Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pra-lapangan, analisis
lapangan, kemudian mereduksi data untuk penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan agar diperoleh data yang valid
dan reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk interaksi sosial pada anak autis di
Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri adalah bentuk perilaku
persaingan. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis
adalah faktor imitasi dan simpati. Anak autis mampu mengimitasi perilaku yang
sering ia lihat baik di rumah maupun di tempat terapi. Demikian pula, anak autis
mampu menunjukkan rasa simpati apabila dimarahi oleh orang tuanya dengan
cara menangis.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/1/933400813_pra%20bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/2/933400813_bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/3/933400813_bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/4/933400813_bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/5/933400813_bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/6/933400813_bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/7/933400813_bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/8/933400813_daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/9/933400813_lampiran.pdf</identifier><identifier> Jayanti, Andiny Romi (2020) Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1767</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Jayanti, Andiny Romi |
title |
Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri |
publishDate |
2020 |
topic |
170103 Educational Psychology 170109 Personality Abilities and Assessment |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/1/933400813_pra%20bab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/2/933400813_bab%201.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/3/933400813_bab%202.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/4/933400813_bab%203.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/5/933400813_bab%204.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/6/933400813_bab%205.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/7/933400813_bab%206.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/8/933400813_daftar%20pustaka.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/9/933400813_lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/ |
contents |
Salah satu tugas perkembangan pada masa kanak-kanak adalah interaksi
sosial. Sayangnya, tidak semua anak bisa tumbuh dengan normal, beberapa anak
memiliki gangguan pada perkembangan, salah satu gangguan itu adalah autis.
Masalah yang umum terlihat pada anak autis adalah kesulitan melakukan interaksi
sosial. Adapun lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan terapi pada anak
dengan gangguan autis adalah Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” yang
berlokasi di Mrican, Kota Kediri, yang cukup dikenal oleh masyarakat Kediri
sebagai tempat terapi yang melatih kemampuan kognitif, motorik, dan afektif.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi sosial
pada anak autis dan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak
autis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan
secara naratif. Penggumpulan data menggunakan metode wawancara semi
terstruktur dan observasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pendidikan Khusus
Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri, beralamat di Jalan Dworowati No.59,
Dermo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4
anak autis berusia 7-9 tahun. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara
dan observasi, sedangkan data sekundernya adalah dokumentasi, jurnal dan buku.
Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pra-lapangan, analisis
lapangan, kemudian mereduksi data untuk penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan agar diperoleh data yang valid
dan reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk interaksi sosial pada anak autis di
Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri adalah bentuk perilaku
persaingan. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis
adalah faktor imitasi dan simpati. Anak autis mampu mengimitasi perilaku yang
sering ia lihat baik di rumah maupun di tempat terapi. Demikian pula, anak autis
mampu menunjukkan rasa simpati apabila dimarahi oleh orang tuanya dengan
cara menangis. |
id |
IOS6979.1767 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-11-20T08:41:59Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295576683315200 |
score |
17.538404 |