ctrlnum 1767
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/</relation><title>Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis &#x201C;Cahaya Harapan&#x201D; Kota Kediri</title><creator>Jayanti, Andiny Romi</creator><subject>170103 Educational Psychology</subject><subject>170109 Personality, Abilities and Assessment</subject><description>Salah satu tugas perkembangan pada masa kanak-kanak adalah interaksi&#xD; sosial. Sayangnya, tidak semua anak bisa tumbuh dengan normal, beberapa anak&#xD; memiliki gangguan pada perkembangan, salah satu gangguan itu adalah autis.&#xD; Masalah yang umum terlihat pada anak autis adalah kesulitan melakukan interaksi&#xD; sosial. Adapun lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan terapi pada anak&#xD; dengan gangguan autis adalah Pendidikan Khusus Autis &#x201C;Cahaya Harapan&#x201D; yang&#xD; berlokasi di Mrican, Kota Kediri, yang cukup dikenal oleh masyarakat Kediri&#xD; sebagai tempat terapi yang melatih kemampuan kognitif, motorik, dan afektif.&#xD; Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi sosial&#xD; pada anak autis dan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak&#xD; autis.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan&#xD; secara naratif. Penggumpulan data menggunakan metode wawancara semi&#xD; terstruktur dan observasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pendidikan Khusus&#xD; Autis &#x201C;Cahaya Harapan&#x201D; Kota Kediri, beralamat di Jalan Dworowati No.59,&#xD; Dermo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4&#xD; anak autis berusia 7-9 tahun. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara&#xD; dan observasi, sedangkan data sekundernya adalah dokumentasi, jurnal dan buku.&#xD; Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pra-lapangan, analisis&#xD; lapangan, kemudian mereduksi data untuk penyajian data dan penarikan&#xD; kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan agar diperoleh data yang valid&#xD; dan reliabel.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bentuk interaksi sosial pada anak autis di&#xD; Pendidikan Khusus Autis &#x201C;Cahaya Harapan&#x201D; Kota Kediri adalah bentuk perilaku&#xD; persaingan. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis&#xD; adalah faktor imitasi dan simpati. Anak autis mampu mengimitasi perilaku yang&#xD; sering ia lihat baik di rumah maupun di tempat terapi. Demikian pula, anak autis&#xD; mampu menunjukkan rasa simpati apabila dimarahi oleh orang tuanya dengan&#xD; cara menangis.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/1/933400813_pra%20bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/2/933400813_bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/3/933400813_bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/4/933400813_bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/5/933400813_bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/6/933400813_bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/7/933400813_bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/8/933400813_daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/9/933400813_lampiran.pdf</identifier><identifier> Jayanti, Andiny Romi (2020) Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis &#x201C;Cahaya Harapan&#x201D; Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1767</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Jayanti, Andiny Romi
title Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri
publishDate 2020
topic 170103 Educational Psychology
170109 Personality
Abilities and Assessment
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/1/933400813_pra%20bab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/2/933400813_bab%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/3/933400813_bab%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/4/933400813_bab%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/5/933400813_bab%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/6/933400813_bab%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/7/933400813_bab%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/8/933400813_daftar%20pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/9/933400813_lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1767/
contents Salah satu tugas perkembangan pada masa kanak-kanak adalah interaksi sosial. Sayangnya, tidak semua anak bisa tumbuh dengan normal, beberapa anak memiliki gangguan pada perkembangan, salah satu gangguan itu adalah autis. Masalah yang umum terlihat pada anak autis adalah kesulitan melakukan interaksi sosial. Adapun lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan terapi pada anak dengan gangguan autis adalah Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” yang berlokasi di Mrican, Kota Kediri, yang cukup dikenal oleh masyarakat Kediri sebagai tempat terapi yang melatih kemampuan kognitif, motorik, dan afektif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi sosial pada anak autis dan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan secara naratif. Penggumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan observasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri, beralamat di Jalan Dworowati No.59, Dermo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 anak autis berusia 7-9 tahun. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekundernya adalah dokumentasi, jurnal dan buku. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pra-lapangan, analisis lapangan, kemudian mereduksi data untuk penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan agar diperoleh data yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bentuk interaksi sosial pada anak autis di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri adalah bentuk perilaku persaingan. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis adalah faktor imitasi dan simpati. Anak autis mampu mengimitasi perilaku yang sering ia lihat baik di rumah maupun di tempat terapi. Demikian pula, anak autis mampu menunjukkan rasa simpati apabila dimarahi oleh orang tuanya dengan cara menangis.
id IOS6979.1767
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:41:59Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:51Z
recordtype dc
_version_ 1695295576683315200
score 17.538404