HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 4 KEDIRI
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar PAI, Prestasi Belajar Prestasi belajar ialah hasil atau perubahan tingkah laku dari kemampuan seseorang selama melakukan proses belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain kecerdasan atau intelegensi, bakat, minat, motivasi, kesehatan dan cacat tubuh, kelelahan, perhatian dan sikap. Adapun faktor eksternal antara lain faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar; (2) adakah hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar; (3) adakah hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dan minat belajar PAI dengan prestasi belajar siswa di SMAN 4 Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa XI SMAN 4 Kediri yang berjumlah 307. Sampel yang peneliti gunakan sebanyak 161. Instrument penelitian yang digunakan untuk variabel X1 dan X2 adalah angket, adapun pada variabel Y menggunakan nilai prestasi PAI. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini antara lain tabulasi data, uji validitas dan reliabilitas data, deskriptip data, pengujian hipotesis dan teterakhir kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,165. (2) Terdapat hubungan antara minat belajar PAI dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,195. (3) Terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru dan minat belajar PAI dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,321. Hal ini didapat berdasarkan perhitungan korelasi ganda melalui SPSS 21 dan hasilnya ialah korelasi nilai sig F change kurang dari 0,05 maka terima Ha tolak Ho sehingga terdapat hubungan secara simultan antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Adapun nilai hubungannya adalah 0,321 yang terletak diantara 0,21 s/d 0,40. Hal ini mengandung pengertian bahwa terdapat korelasi yang lemah secara simultan antara keterampilan mengajar guru dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa.