ctrlnum 1757
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/</relation><title>Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Kediri</title><creator>Mustainah, Siti</creator><subject>170103 Educational Psychology</subject><description>Keberhasilan pembelajaran tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi. Karena kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh efektif tidaknya komunikasi yang terjadi didalamnya. Melalui strategi komunikasi interpersonal diharapkan seorang guru mampu mengorganisasi dan mengkoordinasi kemauan siswa untuk menyelesaikan tujuan pendidikannya, Dalam melakukan tugas tersebut, guru perlu memahami minat dan bakat siswa dengan baik agar nantinya mampu berkomunikasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa. Siswa lebih bisa berkonsentrasi dan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas ketika secara psikologis dia merasa nyaman dan senang. Adanya kedekatan dan keterbukaan antara Guru PAI dan siswa ini kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian ditempai ini. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Sikap keterbukaan, Empati, dan Sikap Positif.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. &#xD; Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap keterbukaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan membuka diri, memberikan No WhatsApp, Face to face, dengan cara menyamakan kedudukan dengan siswa, Menasehati dengan kata-kata memotivasi yang dihubungkan langsung dengan contoh nyata. 2) Strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap Empati untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memahami, merasakan dan menjadi teman bicara yang baik, Dengan cara. melakukan pendekatan dan memberikan stimulus, melakukan komunikasi personal, menjadi pendengar yang baik, memberikan nasehat dan solusi. 3) Strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah mempersilahkan siswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan siswa sebaik mungkin, dan menanggapi serta memberikan waktu luang kepada siswa untuk sharing diluar KBM, memberikan reward dalam bentuk sikap dan tindakan, dengan memuji siswa saat itu juga dan memberikan nilai plus.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/1/92101016025%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/2/92101016025%20bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/3/92101016025%20bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/4/92101016025%20bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/5/92101016025%20bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/6/92101016025%20bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/7/92101016025%20bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/8/92101016025%20DP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/9/92101016025%20lamp.pdf</identifier><identifier> Mustainah, Siti (2019) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Kediri. Masters thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1757</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mustainah, Siti
title Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Kediri
publishDate 2019
isbn 92101016025
topic 170103 Educational Psychology
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/1/92101016025%20prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/2/92101016025%20bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/3/92101016025%20bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/4/92101016025%20bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/5/92101016025%20bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/6/92101016025%20bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/7/92101016025%20bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/8/92101016025%20DP.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/9/92101016025%20lamp.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1757/
contents Keberhasilan pembelajaran tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi. Karena kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh efektif tidaknya komunikasi yang terjadi didalamnya. Melalui strategi komunikasi interpersonal diharapkan seorang guru mampu mengorganisasi dan mengkoordinasi kemauan siswa untuk menyelesaikan tujuan pendidikannya, Dalam melakukan tugas tersebut, guru perlu memahami minat dan bakat siswa dengan baik agar nantinya mampu berkomunikasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa. Siswa lebih bisa berkonsentrasi dan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas ketika secara psikologis dia merasa nyaman dan senang. Adanya kedekatan dan keterbukaan antara Guru PAI dan siswa ini kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian ditempai ini. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Sikap keterbukaan, Empati, dan Sikap Positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap keterbukaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan membuka diri, memberikan No WhatsApp, Face to face, dengan cara menyamakan kedudukan dengan siswa, Menasehati dengan kata-kata memotivasi yang dihubungkan langsung dengan contoh nyata. 2) Strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap Empati untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memahami, merasakan dan menjadi teman bicara yang baik, Dengan cara. melakukan pendekatan dan memberikan stimulus, melakukan komunikasi personal, menjadi pendengar yang baik, memberikan nasehat dan solusi. 3) Strategi komunikasi interpersonal Guru PAI dengan sikap positif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah mempersilahkan siswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan siswa sebaik mungkin, dan menanggapi serta memberikan waktu luang kepada siswa untuk sharing diluar KBM, memberikan reward dalam bentuk sikap dan tindakan, dengan memuji siswa saat itu juga dan memberikan nilai plus.
id IOS6979.1757
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:41:59Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:51Z
recordtype dc
_version_ 1695295576637177856
score 17.538404