Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk
ctrlnum |
1751 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/</relation><title>Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan
Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk</title><creator>Moelyono, Anastasia</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Realita profesionalisme guru dalam proses pembelajaran pada saat ini masih beragam.
Masalah yang berkaitan dengan kondisi guru antara lain adanya keberagaman kemampuan
guru dalam proses pembelajaran dan penguasaan pengetahuan, guru belum mampu
menunjukkan kinerja yang profesional dalam pembelajaran
Salah satu program yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pendidikan yang
berkualitas adalah pelaksanaan bantuan kepada guru atau yang biasa disebut dengan istilah
supervisi. Supervisi merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai
seorang pemimpin pendidikan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk
menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai supervisi
kunjungan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru di TK Muslimat
NU Khadijah 1 Loceret. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari dilaksanakannya supervisi kunjungan kelas
yang dilakukan oleh Kepala Seklah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret untuk
meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang mana tingkat kemampuan guru dalam
pembelajaran masih sangat rendah. Adapun unsur-unsur yang disupervisi antara lain adalah:
1) supervisi pada perencanaan pembelajaran, 2) supervisi pada pelaksanaan pembelajaran, 3)
supervisi pada evaluasi pembelajaran. Strategi kepala sekolah dalam perencanaan adalah
dengan (1) Sharing dengan guru yang bersangkutan dengan melakukan monitoring sambil
memberikan masukan; (2) memfasilitasi serta memberikan motivasi kepada guru. mengikuti
kegiatan KKG (Keompok Kerja Guru) se-Kecamatan Loceret, workshop Kurikulum, dan
kegiatan lainnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran adalah dengan memberikan masukkan
setelah melaksanakan monitoring pelaksanaan monitoring pelaksanaan pembelajaran,
memberikan kesempatan kepada guru untuk saling mengadakan pengamatan saat
pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan selalu meberikan bantuan dan
masukkan secara langsung, diskusi dengan teman sejawat, mengikuti KKG dan IGTKI.
Umpan balik dan tindak lanjut supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh Kepala
Sekolah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret yakni: guru-guru berusaha memperbaiki
kekurangan yang ada dengan menjalankan masukkan dari Kepala Sekolah, sharing dengan
guru yang lebih senior, memperkaya pengetahuan dengan membaca buku-buku
pembelajaran. Sedangkan tindak lanjut Kepala Sekolah adalah dengan memberikan
masukkan dan pembinaan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/1/92400216002%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/2/92400216002%20bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/3/92400216002%20bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/4/92400216002%20bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/5/92400216002%20bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/6/92400216002%20bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/7/92400216002%20bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/8/92400216002%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Moelyono, Anastasia (2019) Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk. Masters thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1751</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Moelyono, Anastasia |
title |
Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan
Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk |
publishDate |
2019 |
isbn |
92400216002 |
topic |
130303 Education Assessment and Evaluation |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/1/92400216002%20prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/2/92400216002%20bab1.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/3/92400216002%20bab2.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/4/92400216002%20bab3.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/5/92400216002%20bab4.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/6/92400216002%20bab5.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/7/92400216002%20bab6.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/8/92400216002%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/ |
contents |
Realita profesionalisme guru dalam proses pembelajaran pada saat ini masih beragam.
Masalah yang berkaitan dengan kondisi guru antara lain adanya keberagaman kemampuan
guru dalam proses pembelajaran dan penguasaan pengetahuan, guru belum mampu
menunjukkan kinerja yang profesional dalam pembelajaran
Salah satu program yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pendidikan yang
berkualitas adalah pelaksanaan bantuan kepada guru atau yang biasa disebut dengan istilah
supervisi. Supervisi merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai
seorang pemimpin pendidikan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk
menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai supervisi
kunjungan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru di TK Muslimat
NU Khadijah 1 Loceret. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari dilaksanakannya supervisi kunjungan kelas
yang dilakukan oleh Kepala Seklah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret untuk
meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang mana tingkat kemampuan guru dalam
pembelajaran masih sangat rendah. Adapun unsur-unsur yang disupervisi antara lain adalah:
1) supervisi pada perencanaan pembelajaran, 2) supervisi pada pelaksanaan pembelajaran, 3)
supervisi pada evaluasi pembelajaran. Strategi kepala sekolah dalam perencanaan adalah
dengan (1) Sharing dengan guru yang bersangkutan dengan melakukan monitoring sambil
memberikan masukan; (2) memfasilitasi serta memberikan motivasi kepada guru. mengikuti
kegiatan KKG (Keompok Kerja Guru) se-Kecamatan Loceret, workshop Kurikulum, dan
kegiatan lainnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran adalah dengan memberikan masukkan
setelah melaksanakan monitoring pelaksanaan monitoring pelaksanaan pembelajaran,
memberikan kesempatan kepada guru untuk saling mengadakan pengamatan saat
pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan selalu meberikan bantuan dan
masukkan secara langsung, diskusi dengan teman sejawat, mengikuti KKG dan IGTKI.
Umpan balik dan tindak lanjut supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh Kepala
Sekolah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret yakni: guru-guru berusaha memperbaiki
kekurangan yang ada dengan menjalankan masukkan dari Kepala Sekolah, sharing dengan
guru yang lebih senior, memperkaya pengetahuan dengan membaca buku-buku
pembelajaran. Sedangkan tindak lanjut Kepala Sekolah adalah dengan memberikan
masukkan dan pembinaan. |
id |
IOS6979.1751 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-11-20T08:41:59Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295576607817728 |
score |
17.538404 |