ctrlnum 1751
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/</relation><title>Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan&#xD; Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk</title><creator>Moelyono, Anastasia</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Realita profesionalisme guru dalam proses pembelajaran pada saat ini masih beragam.&#xD; Masalah yang berkaitan dengan kondisi guru antara lain adanya keberagaman kemampuan&#xD; guru dalam proses pembelajaran dan penguasaan pengetahuan, guru belum mampu&#xD; menunjukkan kinerja yang profesional dalam pembelajaran&#xD; Salah satu program yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pendidikan yang&#xD; berkualitas adalah pelaksanaan bantuan kepada guru atau yang biasa disebut dengan istilah&#xD; supervisi. Supervisi merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai&#xD; seorang pemimpin pendidikan di sekolah.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk&#xD; menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai supervisi&#xD; kunjungan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru di TK Muslimat&#xD; NU Khadijah 1 Loceret. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan&#xD; dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari dilaksanakannya supervisi kunjungan kelas&#xD; yang dilakukan oleh Kepala Seklah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret untuk&#xD; meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang mana tingkat kemampuan guru dalam&#xD; pembelajaran masih sangat rendah. Adapun unsur-unsur yang disupervisi antara lain adalah:&#xD; 1) supervisi pada perencanaan pembelajaran, 2) supervisi pada pelaksanaan pembelajaran, 3)&#xD; supervisi pada evaluasi pembelajaran. Strategi kepala sekolah dalam perencanaan adalah&#xD; dengan (1) Sharing dengan guru yang bersangkutan dengan melakukan monitoring sambil&#xD; memberikan masukan; (2) memfasilitasi serta memberikan motivasi kepada guru. mengikuti&#xD; kegiatan KKG (Keompok Kerja Guru) se-Kecamatan Loceret, workshop Kurikulum, dan&#xD; kegiatan lainnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran adalah dengan memberikan masukkan&#xD; setelah melaksanakan monitoring pelaksanaan monitoring pelaksanaan pembelajaran,&#xD; memberikan kesempatan kepada guru untuk saling mengadakan pengamatan saat&#xD; pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan selalu meberikan bantuan dan&#xD; masukkan secara langsung, diskusi dengan teman sejawat, mengikuti KKG dan IGTKI.&#xD; Umpan balik dan tindak lanjut supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh Kepala&#xD; Sekolah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret yakni: guru-guru berusaha memperbaiki&#xD; kekurangan yang ada dengan menjalankan masukkan dari Kepala Sekolah, sharing dengan&#xD; guru yang lebih senior, memperkaya pengetahuan dengan membaca buku-buku&#xD; pembelajaran. Sedangkan tindak lanjut Kepala Sekolah adalah dengan memberikan&#xD; masukkan dan pembinaan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/1/92400216002%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/2/92400216002%20bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/3/92400216002%20bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/4/92400216002%20bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/5/92400216002%20bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/6/92400216002%20bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/7/92400216002%20bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/8/92400216002%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Moelyono, Anastasia (2019) Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk. Masters thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1751</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Moelyono, Anastasia
title Supervisi Kunjungan Kelas Kepala TK Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret Kab. Nganjuk
publishDate 2019
isbn 92400216002
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/1/92400216002%20prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/2/92400216002%20bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/3/92400216002%20bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/4/92400216002%20bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/5/92400216002%20bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/6/92400216002%20bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/7/92400216002%20bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/8/92400216002%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1751/
contents Realita profesionalisme guru dalam proses pembelajaran pada saat ini masih beragam. Masalah yang berkaitan dengan kondisi guru antara lain adanya keberagaman kemampuan guru dalam proses pembelajaran dan penguasaan pengetahuan, guru belum mampu menunjukkan kinerja yang profesional dalam pembelajaran Salah satu program yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas adalah pelaksanaan bantuan kepada guru atau yang biasa disebut dengan istilah supervisi. Supervisi merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai seorang pemimpin pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai supervisi kunjungan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru di TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari dilaksanakannya supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh Kepala Seklah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang mana tingkat kemampuan guru dalam pembelajaran masih sangat rendah. Adapun unsur-unsur yang disupervisi antara lain adalah: 1) supervisi pada perencanaan pembelajaran, 2) supervisi pada pelaksanaan pembelajaran, 3) supervisi pada evaluasi pembelajaran. Strategi kepala sekolah dalam perencanaan adalah dengan (1) Sharing dengan guru yang bersangkutan dengan melakukan monitoring sambil memberikan masukan; (2) memfasilitasi serta memberikan motivasi kepada guru. mengikuti kegiatan KKG (Keompok Kerja Guru) se-Kecamatan Loceret, workshop Kurikulum, dan kegiatan lainnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran adalah dengan memberikan masukkan setelah melaksanakan monitoring pelaksanaan monitoring pelaksanaan pembelajaran, memberikan kesempatan kepada guru untuk saling mengadakan pengamatan saat pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan selalu meberikan bantuan dan masukkan secara langsung, diskusi dengan teman sejawat, mengikuti KKG dan IGTKI. Umpan balik dan tindak lanjut supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh Kepala Sekolah TK Muslimat NU Khadijah 1 Loceret yakni: guru-guru berusaha memperbaiki kekurangan yang ada dengan menjalankan masukkan dari Kepala Sekolah, sharing dengan guru yang lebih senior, memperkaya pengetahuan dengan membaca buku-buku pembelajaran. Sedangkan tindak lanjut Kepala Sekolah adalah dengan memberikan masukkan dan pembinaan.
id IOS6979.1751
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:41:59Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:51Z
recordtype dc
_version_ 1695295576607817728
score 17.538404