Upaya Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Budaya Religius Di SMPN 230 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur
ctrlnum |
1736 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/</relation><title>Upaya Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Budaya Religius Di SMPN 230 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur</title><creator>Shomad, Abdus</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kenakalan remaja merupakan suatu problem yang tidak pernah berhenti.
orang tua, Guru, dan lingkungan merupakan faktor dominan yang
mempengaruhinya. begitu juga dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
sekarang ini, tidak sedikit dampak negatifnya terhadap sikap dan perilaku; baik
sebagai manusia yang beragama, maupun sebagai makhluk individual dan sosial.
Hal ini membutuhkan solusi penyelesainnya. SMP Negeri 230 Jakarta berusaha
mengurangi tindakan kenakalan yang terjadi pada siswanya dengan cara
peningkatan dalam religius di lingkungan sekolah.
Guru pendidikan agama Islam adalah orang yang memberikan ilmu
pengetahuan kepada peserta didik dengan tugas utamanya mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
agar bisa mencapai tingkat kedewasaan, mampu berdiri sendiri dan memenuhi
tugasnya sebagai hamba atau khalifah Allah maupun sebagai makhluk sosial.
Sedangkan problem yang dihadapi guru ada yang berasal dari guru sendiri, di
antaranya sering terjadi kurang persiapan dalam proses pembelajaran, rendahnya
penguasaan IPTEK, dan rendahnya kesejahteraan guru. Dan ada juga problem
yang berasal dari peserta didik, wali dari peserta didik, dan juga sarana prasarana,
selain itu profesionalisme pengelola sekolah juga sangat mempengaruhi hasil dari
proses dan tujuan pendidikan agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Dalam melakukan penelitian ini,
penulis langsung terjun di lokasi penelitian, yaitu di SMPN 230 Jakarta. Dalam
melakukan penelitian ini penulis akan melakukan analisis terhadap data-data yang
penulis dapat dari lokasi penelitian dan juga penulis akan melakukan pengecekan
keabsahan terhadap temuan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa macam kegiatan
budaya religius yang di SMP Negeri 230 Jakarta sangat membantu sekali dalam
pembentukan karakter siswa serta dalam meningkatkan ketaatan siswa dalam menjalankan ibadah. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru agama dalam
menanamkan nilai atau budaya religius di SMP Negeri 230 Jakarta 1)
Menciptakan Suasana Kelas yang Religius, 2) Melaksanakan Kegiatan
Keagamaan di Luar Kelas 3) Memberdayakan Kegiatan Ektrakurikuler Rohis
(Rohani Islami), dan 4) Menfungsikan Masjid sebagai Pusat Berbagai Kegiatan
Religi.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/1/92100412003%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/2/92100412003%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/3/92100412003%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/4/92100412003%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/6/92100412003%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/5/92100412003%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/7/92100412003%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/8/92100412003%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/9/92100412003%20lampiran.pdf</identifier><identifier> Shomad, Abdus (2019) Upaya Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Budaya Religius Di SMPN 230 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur. Masters thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1736</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Shomad, Abdus |
title |
Upaya Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Budaya Religius Di SMPN 230 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur |
publishDate |
2019 |
isbn |
92100412003 |
topic |
130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/1/92100412003%20prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/2/92100412003%20BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/3/92100412003%20BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/4/92100412003%20BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/6/92100412003%20BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/5/92100412003%20BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/7/92100412003%20BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/8/92100412003%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/9/92100412003%20lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1736/ |
contents |
Kenakalan remaja merupakan suatu problem yang tidak pernah berhenti.
orang tua, Guru, dan lingkungan merupakan faktor dominan yang
mempengaruhinya. begitu juga dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
sekarang ini, tidak sedikit dampak negatifnya terhadap sikap dan perilaku; baik
sebagai manusia yang beragama, maupun sebagai makhluk individual dan sosial.
Hal ini membutuhkan solusi penyelesainnya. SMP Negeri 230 Jakarta berusaha
mengurangi tindakan kenakalan yang terjadi pada siswanya dengan cara
peningkatan dalam religius di lingkungan sekolah.
Guru pendidikan agama Islam adalah orang yang memberikan ilmu
pengetahuan kepada peserta didik dengan tugas utamanya mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
agar bisa mencapai tingkat kedewasaan, mampu berdiri sendiri dan memenuhi
tugasnya sebagai hamba atau khalifah Allah maupun sebagai makhluk sosial.
Sedangkan problem yang dihadapi guru ada yang berasal dari guru sendiri, di
antaranya sering terjadi kurang persiapan dalam proses pembelajaran, rendahnya
penguasaan IPTEK, dan rendahnya kesejahteraan guru. Dan ada juga problem
yang berasal dari peserta didik, wali dari peserta didik, dan juga sarana prasarana,
selain itu profesionalisme pengelola sekolah juga sangat mempengaruhi hasil dari
proses dan tujuan pendidikan agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Dalam melakukan penelitian ini,
penulis langsung terjun di lokasi penelitian, yaitu di SMPN 230 Jakarta. Dalam
melakukan penelitian ini penulis akan melakukan analisis terhadap data-data yang
penulis dapat dari lokasi penelitian dan juga penulis akan melakukan pengecekan
keabsahan terhadap temuan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa macam kegiatan
budaya religius yang di SMP Negeri 230 Jakarta sangat membantu sekali dalam
pembentukan karakter siswa serta dalam meningkatkan ketaatan siswa dalam menjalankan ibadah. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru agama dalam
menanamkan nilai atau budaya religius di SMP Negeri 230 Jakarta 1)
Menciptakan Suasana Kelas yang Religius, 2) Melaksanakan Kegiatan
Keagamaan di Luar Kelas 3) Memberdayakan Kegiatan Ektrakurikuler Rohis
(Rohani Islami), dan 4) Menfungsikan Masjid sebagai Pusat Berbagai Kegiatan
Religi. |
id |
IOS6979.1736 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-11-20T08:41:59Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295576543854592 |
score |
17.538404 |