ctrlnum 1663
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/</relation><title>Evaluasi Program Shalat Dhuhur Berjamaah Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun 2017/2018</title><creator>Wulandari, Freida Tri</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Shalat merupakan bagian tertinggi dalam agama Islam setelah tauhid.&#xD; Ibarat kepala dalam susunan organ tubuh, manusia tak bisa hidup tanpanya.&#xD; Begitu pula dengan agama, ia tak bisa hidup tanpa shalat. Adapun ibadah shalat&#xD; yang lebih utama yaitu dilakukan dengan berjamaah. Di SMA Negeri&#xD; Bandarkedungmulyo Jombang program shalat dhuhur berjamaah merupakan&#xD; program yang positif, yang diharapkan mampu memberikan dampak besar dalam&#xD; peningkatan keimanan, menjadikan siswa lebih giat dalam beribadah, dan&#xD; memupuk rasa disiplin. Adapun fokus penelitian ini: Bagaimana context, input,&#xD; process, dan product program shalat dhuhur berjamaah di SMA Negeri&#xD; Bandarkedungmulyo Jombang.&#xD; Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi&#xD; CIPP (context, input, process, product) dengan pendekatan kualitatif deskriptif.&#xD; Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan&#xD; angket. Analisis data dilakukan dengan cara: pengumpulan data, reduksi data&#xD; (mengolah data), menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan, verifikasi atau&#xD; menyimpulkan data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan&#xD; ketekunan pengamatan dan melakukan teknik triangulasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Berdasarkan komponen context,&#xD; program shalat dhuhur berjamaah ini sangat dibutuhkan oleh siswa-siswi SMA&#xD; Negeri Bandarkedungmulyo. Alasannya antara lain karena program shalat dhuhur&#xD; berjamaah tersebut merupakan program wajib dari sekolah. Adapun pada program&#xD; yang positif ini juga terdapat lingkungan yang sejuk, serta tujuan dan manfaat&#xD; program (2) pada komponen input atau masukan terdapat perencanaan dan&#xD; penjadwalan, sumber daya manusia (guru dan siswa), sarana prasarana dan&#xD; pembiayaan (dana atau anggaran) (3) pada komponen process menunjukkan&#xD; program shalat dhuhur berjamaah belum dilaksanakan sesuai dengan perencanaan,&#xD; masih ada beberapa komponen yang menghambat proses pelaksanaan dan masih&#xD; ditemui kendala (4) pada komponen product atau hasil. berdasarkan perhitungan&#xD; true score untuk kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMA Negeri&#xD; Bandarkedungmulyo Jombang dikategorikan baik dengan rata-rata 25,35.&#xD; Sedangkan untuk ketaatan beribadah siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo&#xD; Jombang dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 43,25.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/1/932133714_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/2/932133714_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/3/932133714_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/4/932133714_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/7/932133714_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/5/932133714_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/6/932133714_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/8/932133714_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/9/932133714_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Wulandari, Freida Tri (2018) Evaluasi Program Shalat Dhuhur Berjamaah Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1663</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wulandari, Freida Tri
title Evaluasi Program Shalat Dhuhur Berjamaah Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun 2017/2018
publishDate 2018
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/1/932133714_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/2/932133714_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/3/932133714_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/4/932133714_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/7/932133714_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/5/932133714_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/6/932133714_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/8/932133714_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/9/932133714_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1663/
contents Shalat merupakan bagian tertinggi dalam agama Islam setelah tauhid. Ibarat kepala dalam susunan organ tubuh, manusia tak bisa hidup tanpanya. Begitu pula dengan agama, ia tak bisa hidup tanpa shalat. Adapun ibadah shalat yang lebih utama yaitu dilakukan dengan berjamaah. Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang program shalat dhuhur berjamaah merupakan program yang positif, yang diharapkan mampu memberikan dampak besar dalam peningkatan keimanan, menjadikan siswa lebih giat dalam beribadah, dan memupuk rasa disiplin. Adapun fokus penelitian ini: Bagaimana context, input, process, dan product program shalat dhuhur berjamaah di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (context, input, process, product) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara: pengumpulan data, reduksi data (mengolah data), menyajikan data sesuai dengan pokok bahasan, verifikasi atau menyimpulkan data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan melakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Berdasarkan komponen context, program shalat dhuhur berjamaah ini sangat dibutuhkan oleh siswa-siswi SMA Negeri Bandarkedungmulyo. Alasannya antara lain karena program shalat dhuhur berjamaah tersebut merupakan program wajib dari sekolah. Adapun pada program yang positif ini juga terdapat lingkungan yang sejuk, serta tujuan dan manfaat program (2) pada komponen input atau masukan terdapat perencanaan dan penjadwalan, sumber daya manusia (guru dan siswa), sarana prasarana dan pembiayaan (dana atau anggaran) (3) pada komponen process menunjukkan program shalat dhuhur berjamaah belum dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, masih ada beberapa komponen yang menghambat proses pelaksanaan dan masih ditemui kendala (4) pada komponen product atau hasil. berdasarkan perhitungan true score untuk kedisiplinan shalat berjamaah siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang dikategorikan baik dengan rata-rata 25,35. Sedangkan untuk ketaatan beribadah siswa di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 43,25.
id IOS6979.1663
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:41:56Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:48Z
recordtype dc
_version_ 1695295576047878144
score 17.538404