Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020
ctrlnum |
1639 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/</relation><title>Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah
Baron Tahun Pelajaran 2019/2020</title><creator>Laili, Arin Noor</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Kemandirian belajar merupakan sifat serta kemampuan yang dimiliki
siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh motif untuk
menguasai sesuatu kompetensi yang telah dimiliki. Seorang siswa dikatakan
mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk
belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses belajar, siswa
mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan mempunyai rasa percaya
diri dalam setiap proses belajar. Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar
diantaranya adalah self efficacy, motivasi belajar dan tujuan belajar. Maka
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh self efficacy
terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 2) Adakah pengaruh motivasi belajar
terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 3) Adakah pengaruh self efficacy dan
motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X
SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi
seluruh siswa kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron yang berjumlah 215 siswa,
pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah
sampel 135 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan
untuk mengetahui pengaruh variabel Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap
Kemandirian Belajar Siswa.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan
self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK
Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi
(R) sebesar 0,808 dan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,653 sehingga
persentase sumbangannya adalah sebesar 65,3%. 2) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran
PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai
koefisien korelasi (R) sebesar 0,914 dan koefisien determinasi sebesar (R2
) 0,836
sehingga persentase sumbangannya adalah 83,6%. 3) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar
siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran
2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,923 dan koefisien
determinasi sebesar 0,852 sehingga persentase sumbangannya adalah 85,2%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/1/932111816%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/2/932111816%20bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/3/932111816%20bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/4/932111816%20bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/5/932111816%20bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/6/932111816%20bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/7/932111816%20bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/8/932111816%20bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/9/932111816%20DP.pdf</identifier><identifier> Laili, Arin Noor (2020) Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI. </identifier><recordID>1639</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Laili, Arin Noor |
title |
Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah
Baron Tahun Pelajaran 2019/2020 |
publishDate |
2020 |
topic |
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/1/932111816%20prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/2/932111816%20bab%201.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/3/932111816%20bab%202.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/4/932111816%20bab%203.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/5/932111816%20bab%204.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/6/932111816%20bab%205.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/7/932111816%20bab%205.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/8/932111816%20bab%206.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/9/932111816%20DP.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/ |
contents |
Kemandirian belajar merupakan sifat serta kemampuan yang dimiliki
siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh motif untuk
menguasai sesuatu kompetensi yang telah dimiliki. Seorang siswa dikatakan
mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk
belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses belajar, siswa
mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan mempunyai rasa percaya
diri dalam setiap proses belajar. Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar
diantaranya adalah self efficacy, motivasi belajar dan tujuan belajar. Maka
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh self efficacy
terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 2) Adakah pengaruh motivasi belajar
terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 3) Adakah pengaruh self efficacy dan
motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X
SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi
seluruh siswa kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron yang berjumlah 215 siswa,
pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah
sampel 135 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan
untuk mengetahui pengaruh variabel Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap
Kemandirian Belajar Siswa.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan
self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK
Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi
(R) sebesar 0,808 dan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,653 sehingga
persentase sumbangannya adalah sebesar 65,3%. 2) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran
PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai
koefisien korelasi (R) sebesar 0,914 dan koefisien determinasi sebesar (R2
) 0,836
sehingga persentase sumbangannya adalah 83,6%. 3) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar
siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran
2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,923 dan koefisien
determinasi sebesar 0,852 sehingga persentase sumbangannya adalah 85,2%. |
id |
IOS6979.1639 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-11-20T08:41:56Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295575938826240 |
score |
17.538404 |