ctrlnum 1639
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/</relation><title>Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap&#xD; Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah&#xD; Baron Tahun Pelajaran 2019/2020</title><creator>Laili, Arin Noor</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Kemandirian belajar merupakan sifat serta kemampuan yang dimiliki&#xD; siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh motif untuk&#xD; menguasai sesuatu kompetensi yang telah dimiliki. Seorang siswa dikatakan&#xD; mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk&#xD; belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses belajar, siswa&#xD; mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan mempunyai rasa percaya&#xD; diri dalam setiap proses belajar. Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar&#xD; diantaranya adalah self efficacy, motivasi belajar dan tujuan belajar. Maka&#xD; penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh self efficacy&#xD; terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 2) Adakah pengaruh motivasi belajar&#xD; terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 3) Adakah pengaruh self efficacy dan&#xD; motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X&#xD; SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi&#xD; seluruh siswa kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron yang berjumlah 215 siswa,&#xD; pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah&#xD; sampel 135 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik&#xD; analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan&#xD; untuk mengetahui pengaruh variabel Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap&#xD; Kemandirian Belajar Siswa.&#xD; Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan&#xD; self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK&#xD; Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi&#xD; (R) sebesar 0,808 dan koefisien determinasi (R2&#xD; ) sebesar 0,653 sehingga&#xD; persentase sumbangannya adalah sebesar 65,3%. 2) Ada pengaruh yang positif&#xD; dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran&#xD; PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai&#xD; koefisien korelasi (R) sebesar 0,914 dan koefisien determinasi sebesar (R2&#xD; ) 0,836&#xD; sehingga persentase sumbangannya adalah 83,6%. 3) Ada pengaruh yang positif&#xD; dan signifikan self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar&#xD; siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran&#xD; 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,923 dan koefisien&#xD; determinasi sebesar 0,852 sehingga persentase sumbangannya adalah 85,2%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/1/932111816%20prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/2/932111816%20bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/3/932111816%20bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/4/932111816%20bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/5/932111816%20bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/6/932111816%20bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/7/932111816%20bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/8/932111816%20bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/9/932111816%20DP.pdf</identifier><identifier> Laili, Arin Noor (2020) Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI. </identifier><recordID>1639</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Laili, Arin Noor
title Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron Tahun Pelajaran 2019/2020
publishDate 2020
topic 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/1/932111816%20prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/2/932111816%20bab%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/3/932111816%20bab%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/4/932111816%20bab%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/5/932111816%20bab%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/6/932111816%20bab%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/7/932111816%20bab%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/8/932111816%20bab%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/9/932111816%20DP.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1639/
contents Kemandirian belajar merupakan sifat serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk melakukan kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh motif untuk menguasai sesuatu kompetensi yang telah dimiliki. Seorang siswa dikatakan mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses belajar, siswa mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan mempunyai rasa percaya diri dalam setiap proses belajar. Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar diantaranya adalah self efficacy, motivasi belajar dan tujuan belajar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK AlKhoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020, 3) Adakah pengaruh self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron yang berjumlah 215 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 135 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,808 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,653 sehingga persentase sumbangannya adalah sebesar 65,3%. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,914 dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 0,836 sehingga persentase sumbangannya adalah 83,6%. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa mata pelajaran PAI kelas X SMK Al-Khoiriyah Baron tahun pelajaran 2019/2020 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,923 dan koefisien determinasi sebesar 0,852 sehingga persentase sumbangannya adalah 85,2%.
id IOS6979.1639
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:41:56Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:48Z
recordtype dc
_version_ 1695295575938826240
score 17.538404