Daftar Isi:
  • Dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini kita ketahui banyak kejadian atau kasus yang menitikberatkan tentang bagaimana sopan santun peserta didik terhadap pendidik di lingkungan sekolah. Kasus dalam dunia pendidikan seringkali mengenai siswa yang tidak hormat dengan gurunya, kekerasan, hingga tindak asusila. Dalam hal ini, perlu adanya benteng pertahanan untuk menjadikan peserta didik lebih terkontrol sikapnya. Dengan program-program dan budaya yang ada di SMP Negeri 1 Semen ini diharapkan mampu memupuk sifat religiusitas kepada peserta didiknya agar kasus-kasus dalam dunia pendidikan tidak terjadi di SMP Negeri 1 Semen ini. Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk mengetahui upaya-upaya guru dalam menanamkan karakter religius jujur dan tanggung jawab kepada siswa SMP Negeri 1 Semen, untuk mengetahui budaya-budaya religius apa saja yang ada di SMP Negeri 1 Semen, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari adanya penanaman karakter religius jujur dan tanggung jawab di SMP Negeri 1 Semen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMP Negeri 1 Semen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Populasi dari penelitian ini yakni mengambil salah satu sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Kediri dengan total siswa 936 dan lebih dari 40 tenaga pendidik yang ada di SMP Negeri 1 Semen ini. Tentu penelitian ini berkaitan dengan seluruh siswa-siswi SMP Negeri 1 Semen karena budaya dan programprogramnya di dedikasikan untuk seluruh warga SMP Negeri 1 Semen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwasanya penanaman karakter religius jujur dan tanggung jawab melalui sistem point yang di gunakan guru Pendidikan Agama Islam ini benar-benar menghasilkan peserta didik yang jujur dan tanggung jawab. Kata Kunci: Pendidikan, Sistem poin, religius.