Daftar Isi:
  • Dalam kaitannya dengan karakter, punishment adalah salah satu alat yang digunakan untuk meningkatkan perilaku positif yang di inginkan ada pada setiap anak. Punishment (hukuman) berorientasi pada karakter atau sifat anak yang cenderung nampak yang dapat dirubah ketika itu negatif atau dapat ditingkatkan ketika itu positif. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh tentang 1)Bagaimana tingkat punishment (hukuman) bagi siswa di MAN 3 Kab.Kediri?, 2)Bagaimana karakter siswa kelas XI di MAN 3 Kab.Kediri?, 3)Adakah korelasi antara pemberian punishment (hukuman) dengan karakter (tanggung jawab dan disiplin) siswa kelas XI di MAN 3 Kab. Kediri?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 siswa dari jumlah keseluruhan siswa kelas XI di MAN 3 Kab.kediri 416. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi dan analisis data statistik. Peneliti menganalisis data dengan rumusan regresi, dengan variabel X (punishment) dan variabel Y (karakter). Dalam penelitian ini terdapat 3 temuan yaitu: (1)Berdasarkan hasil penelitian, tingkat punihment (hukuman) siswa di MAN 3 Kab. Kediri diperoleh nilai mean (rata-rata) 2,4, dan skor tersebut dikategorikan ringan. (2)karakter siswa kelas XI di MAN 3 Kab. Kediri diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 56,72. Dan skor tersebut dikategorikan sangat baik. (3) Tidak ada korelasi antara punishment (hukuman) dengan karakter siswa kelas XI di MAN 3 Kab.Kediri. hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis Sig.=0,450 yang lebih besar dari 0,05.