Daftar Isi:
  • Motivasi merupakan daya penggerak dari dalam diri seseorang untuk melaksanakan kegiatan dalam mencapai tujuan. Begitu juga dengan tinggi rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki orang tua akan mempengaruhi cara pandang dalam menilai sesuatu. Oleh karena itu tingkat pendidikan orang tua baik pendidikan SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi akan menentukan tingkat kemampuannya dalam menerapkan pola mendidik.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammdiyah 1 Nganjuk, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk, (3) Apakah motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammdiyah 1 Nganjuk, (4) Apakah tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammdiyah 1 Nganjuk, (5) Apakah motivasi belajar dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk yang berjumlah 82 siswa. Sedangkan untuk sampelnya sebanyak 67 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar nilai (-0,059) adalah lebih kesil dari (0,244) untuk kesalahan 5%. Sedangkan terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar nilai (0,066) adalah lebih kesil dari (0,244) untuk kesalahan 5%. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama untuk motivasi belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar (0,299) adalah lebih besar dari (0,244) untuk kesalahan 5%.