PENERAPAN METODE UMMI, TILAWATI, DAN QIRA’ATI, STUDI MULTI KASUS DI MADRASAH ALIYAH DA’WATUL KHOIR KERTOSONO
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Metode Ummi, Tilawati dan Qira’ati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an yang digunakan MA Da’watul Khoir. Berdasarkan latar belakang di atas tersebut penulis tertarik melakukan penelitian yang mengkaji tentang Penerapan Metode Ummi, Tilawati Dan Qira’ati di MA Da’watul Khoir Kertosono. Rumusan penelitian ini adalah; 1) bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Metode Ummi di MA Da’watul Khoir Kertosono?, 2) bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Metode Tilawati di MA Da’watul Khoir Kertosono?, 3) bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Metode Qira’ati di MA Da’watul Khoir Kertosono?, 4) bagaimana perbedaan dan persamaan antara metode Ummi, Tilawati dan Qira’ati di MA Da’watul Khoir Kertosono?. Jenis penelitian ini termasuk pada dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif yang menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Metode Ummi, Tilawati dan Qira’ati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di MA Da’watul Khoir Kertosono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membaca Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi, Tilawati dan Qira’ati dengan cara dimulai dengan adanya perencanaan yaitu pembagian kelas dan pembagian ustadz/ustadzahnya. Kemudian pelaksanaan yang dilaksanakan dengan ketentuan yang telah dibuat seperti penentuan jadwal antar kelompok dan pelaksanaan pembelajaran harus seuai dengan 8 tahapan. Setelah itu pelaksanaan evaluasi terdapat 2 evaluasi, yaitu evaluasi untuk para ustadz/ustadzah dan evaluasi untuk siswa. Dari perbedaan dan permasaan dari ketiga metode tersebut terletak pada posisi duduk, media pembalajaran, tes kenaikan tingkat. Dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tersebut, siswa sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan lebih lancar sesuai dengan makhorijul hurufnya serta tajwidnya, dan berharap bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.