ctrlnum 1613
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/</relation><title>Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Dan Religius Melalui&#xD; Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Siswa Kelas VIII Di MTs. Manba&#x2019;ul Afkar&#xD; ds. Sendang kec. Banyakan kab. Kediri</title><creator>Sholli, Umar</creator><subject>130106 Secondary Education</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian dilapangan dengan pendekatan&#xD; kualitatif dan jenis peneliannya adalah studi kasus. Tekhnik pengumpulan data ini&#xD; dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Menganalisa data menggunakan deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang&#xD; tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini&#xD; (informan), serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya&#xD; mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh.&#xD; Berangkat dari latar belakang inilah kemudian dalam penelitian ini, diambil&#xD; rumusan masalah: (1) Bagaimana penanaman nilai karakter disiplin melalui&#xD; kegiatan Pramuka pada siswa kelas VIII di MTs. Manba&#x2019;ul Afkar Ds. Sendang&#xD; Kec. Banyakan Kab. Kediri. (2) Bagaimana penanaman nilai karakter religius&#xD; melalui kegiatan Pramuka pada siswa kelas VIII di MTs. Manba&#x2019;ul Afkar Ds.&#xD; Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri.&#xD; Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penanaman nilai&#xD; karakter disiplin melalui kegiatan pramuka, di MTs. Manba&#x2019;ul Afkar (a) dengan&#xD; mengajak dan memberi contoh siswa, maka bisa menjadi kebiasaan siswa (b)&#xD; kendala dalam melaksanakan karakter disiplin, belum mengerti kegunaan disiplin,&#xD; dan kurangnya motivasi untuk melakukannya (c) metode pembinaan/pelaksanaan&#xD; dalam menanamkan nilai pendidikan karakter disiplin dengan disertai pengawasan&#xD; dan evaluasi dengan diberikannya peringatan, hukuman, untuk yang melanggar&#xD; peraturan/tatatertib dan juga pujian/hadiah untuk yang mematuhi peraturan dan&#xD; yang memenangkan suatu perlombaan (2) Penanaman nilai karakter religius&#xD; melalui kegiatan pramuka di MTs. Manba&#x2019;ul Afkar, (a) Mengajak dan memberi&#xD; contoh, selain mengajak, guru juga melaksanakannya untuk memberi contoh (b)&#xD; Kendala dalam melaksanakan karakter religius. Berbeda-bedanya asal-usul siswa&#xD; menjadikan pemahaman yang berbeda-beda. (c) metode pembinaan/pelaksanaan&#xD; dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius, dengan disertai&#xD; pengawasan dan evaluasi disertai dengan diberikannya peringatan, hukuman,&#xD; untuk yang tidak ikut beberapa kali dalam melaksanakan sholat jamaah di Masjid,&#xD; bagi siswa yang telah berhasil dan mendapat prestasi dalam perlombaan juga&#xD; mendapat hadiah, dan juga pujian untuk memotivasi siswa siswi yang lainnya.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/1/932106913_Pra%20Bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/2/932106913_Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/3/932106913_Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/4/932106913_Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/5/932106913_Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/6/932106913_Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/7/932106913_Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/8/932106913_Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/9/932106913_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Sholli, Umar (2020) Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Dan Religius Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Siswa Kelas VIII Di MTs. Manba&#x2019;ul Afkar ds. Sendang kec. Banyakan kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI. </identifier><recordID>1613</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sholli, Umar
title Penanaman Nilai Karakter Disiplin, Dan Religius Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Siswa Kelas VIII Di MTs. Manba’ul Afkar ds. Sendang kec. Banyakan kab. Kediri
publishDate 2020
topic 130106 Secondary Education
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/1/932106913_Pra%20Bab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/2/932106913_Bab%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/3/932106913_Bab%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/4/932106913_Bab%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/5/932106913_Bab%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/6/932106913_Bab%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/7/932106913_Bab%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/8/932106913_Daftar%20Pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/9/932106913_Lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1613/
contents Penelitian ini merupakan penelitian dilapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis peneliannya adalah studi kasus. Tekhnik pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Menganalisa data menggunakan deskriptif kualitatif yakni berupa data-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan), serta perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh. Berangkat dari latar belakang inilah kemudian dalam penelitian ini, diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana penanaman nilai karakter disiplin melalui kegiatan Pramuka pada siswa kelas VIII di MTs. Manba’ul Afkar Ds. Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri. (2) Bagaimana penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan Pramuka pada siswa kelas VIII di MTs. Manba’ul Afkar Ds. Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penanaman nilai karakter disiplin melalui kegiatan pramuka, di MTs. Manba’ul Afkar (a) dengan mengajak dan memberi contoh siswa, maka bisa menjadi kebiasaan siswa (b) kendala dalam melaksanakan karakter disiplin, belum mengerti kegunaan disiplin, dan kurangnya motivasi untuk melakukannya (c) metode pembinaan/pelaksanaan dalam menanamkan nilai pendidikan karakter disiplin dengan disertai pengawasan dan evaluasi dengan diberikannya peringatan, hukuman, untuk yang melanggar peraturan/tatatertib dan juga pujian/hadiah untuk yang mematuhi peraturan dan yang memenangkan suatu perlombaan (2) Penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan pramuka di MTs. Manba’ul Afkar, (a) Mengajak dan memberi contoh, selain mengajak, guru juga melaksanakannya untuk memberi contoh (b) Kendala dalam melaksanakan karakter religius. Berbeda-bedanya asal-usul siswa menjadikan pemahaman yang berbeda-beda. (c) metode pembinaan/pelaksanaan dalam menanamkan nilai pendidikan karakter religius, dengan disertai pengawasan dan evaluasi disertai dengan diberikannya peringatan, hukuman, untuk yang tidak ikut beberapa kali dalam melaksanakan sholat jamaah di Masjid, bagi siswa yang telah berhasil dan mendapat prestasi dalam perlombaan juga mendapat hadiah, dan juga pujian untuk memotivasi siswa siswi yang lainnya.
id IOS6979.1613
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-11-20T08:41:56Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:48Z
recordtype dc
_version_ 1695295575820337152
score 17.538404