Daftar Isi:
  • i, bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Negeri 1 Kediri, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Kediri. Secara khusus untuk mengetahui pembinaan akhlak mahmudah yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kediri terhadap siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, ddan triangulasi. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Kediri, terciptanya suasana dan tersedianya fasilitas yang memungkinkan dapat meningkatkan akhlak siswa yang mempunyai tujuan-tujuan dan program kegiatan yang positif berdasarkan minat seperti ikut rebana, istigosah, dan lain-lain. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Kediri adalah guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik siswa, sebagai pelatih (pembiasaan) dan sebagai suri tauladan siswa. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa di SMK Negeri 1 Kediri adalah faktor pendorong guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa adalah lingkungan sekolah yang religius, kecerdasan guru Pendidikan Agama Islam dalam memahami karakter dasar siswa yang berbeda-beda, faktor penghambat antara lain tingkat pendidikan orang tua dan faktor sosial.