ctrlnum 161
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/</relation><title>Upaya Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung</title><creator>SETIOWATI, INDAH</creator><subject>130305 Educational Counselling</subject><description>Allah SWT menurunkan Al-Qur&#x2019;an berfungsi sebagai pelajaran bagi manusia, pedoman hidup bagi setiap muslim, petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Oleh karena itu, setiap muslim wajib mempelajari Al-Qur&#x2019;an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya guru dalam mengarahkan dan meningkatkan pendidikan sangat diperlukan dalam kelancaran dan meningkatkan keberhasilan belajar baca dan tulis Al-Qur&#x2019;an. Masalah yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung, 2) Bagaimana Upaya Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung? dan 3) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Upaya Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam pengamatan dan trianggulasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Kemampuan siswa dalam baca dan tulis Al-Qur&#x2019;an di MTsN Jombang Kauman Kepung diantaranya: Kemampuan dalam melafalkan Makharijul Huruf, membaca Al-Qur&#x2019;an secara tartil, kemampuan dalam menulis huruf terpisah dan disambung, 2) Upaya yang dilakukan antara lain: adanya jam khusus bimbingan BTQ, program pembiasaan, menggunakan metode yang bervariasi dan guru bekerja sama dengan orang tua siswa untuk memotivasi belajar mengaji di TPQ, Mushola, maupun pondok, sedangkan 3) Faktor pendukung uapaya meningkatkan kemampuan membaca adalah: adanya sarana prasarana, keberadaan guru yang berkembang dan memenuhi kriteria, motivasi dan peran orang tua, kemampuan siswa yang sudah bisa membaca Al-Qur&#x2019;an, 4) faktor penghambat upaya meningkatkan kemampuan membaca adalah: faktor perkembangan negatif teknologi seperti (HP, TV dan Internet), dan jam pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits terbatas, kurang adanya minat dan motivasi siswa, kurang adanya motivasi dan kesadaran dari pihak keluarga untuk belajar membaca Al-Qur&#x2019;an, serta cara bergaul siswa di sekolah maupun dilingkungan masyarakat</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/1/1.%20Cover%20SKRIPSI_10.%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/2/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/3/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/4/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/5/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/6/15.%20Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/7/16.%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/8/17.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/161/9/18.%20Daftar%20Riwayat_surat%20ket.%20penelitian%20dari%20MTsN%20JK.pdf</identifier><identifier> SETIOWATI, INDAH (2017) Upaya Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>161</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SETIOWATI, INDAH
title Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung
publishDate 2017
topic 130305 Educational Counselling
url http://etheses.iainkediri.ac.id/161/1/1.%20Cover%20SKRIPSI_10.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/2/11.%20BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/3/12.%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/4/13.%20BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/5/14.%20BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/6/15.%20Bab%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/7/16.%20BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/8/17.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/9/18.%20Daftar%20Riwayat_surat%20ket.%20penelitian%20dari%20MTsN%20JK.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/161/
contents Allah SWT menurunkan Al-Qur’an berfungsi sebagai pelajaran bagi manusia, pedoman hidup bagi setiap muslim, petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Oleh karena itu, setiap muslim wajib mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya guru dalam mengarahkan dan meningkatkan pendidikan sangat diperlukan dalam kelancaran dan meningkatkan keberhasilan belajar baca dan tulis Al-Qur’an. Masalah yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung, 2) Bagaimana Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung? dan 3) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Siswa Kelas VII MTsN Jombang Kauman Kepung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam pengamatan dan trianggulasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Kemampuan siswa dalam baca dan tulis Al-Qur’an di MTsN Jombang Kauman Kepung diantaranya: Kemampuan dalam melafalkan Makharijul Huruf, membaca Al-Qur’an secara tartil, kemampuan dalam menulis huruf terpisah dan disambung, 2) Upaya yang dilakukan antara lain: adanya jam khusus bimbingan BTQ, program pembiasaan, menggunakan metode yang bervariasi dan guru bekerja sama dengan orang tua siswa untuk memotivasi belajar mengaji di TPQ, Mushola, maupun pondok, sedangkan 3) Faktor pendukung uapaya meningkatkan kemampuan membaca adalah: adanya sarana prasarana, keberadaan guru yang berkembang dan memenuhi kriteria, motivasi dan peran orang tua, kemampuan siswa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, 4) faktor penghambat upaya meningkatkan kemampuan membaca adalah: faktor perkembangan negatif teknologi seperti (HP, TV dan Internet), dan jam pelajaran Al-Qur’an Hadits terbatas, kurang adanya minat dan motivasi siswa, kurang adanya motivasi dan kesadaran dari pihak keluarga untuk belajar membaca Al-Qur’an, serta cara bergaul siswa di sekolah maupun dilingkungan masyarakat
id IOS6979.161
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:29Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:09Z
recordtype dc
_version_ 1695295564798754816
score 17.538404