Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Kandangan
Daftar Isi:
- Unsur terpenting dalam keberhasilan proses pembelajaran pada siswa yaitu terletak pada disiplin belajar siswa. Disiplin merupakan unsur penggerak dalam kegiatan pembelajaran yang mana siswa di tuntut untuk selalu mematuhi semua hal yang berhubungan dengan proses belajarnya. Disiplin belajar siswa dibutuhkan untuk mendorong siswa agar lebih bertanggung jawab dalam proses belajarnya sehingga siswa harus aktif mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh pendidik. Disiplin belajar siswa dipengaruhi oleh Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa berupa Konsentrasi Belajar, Motivasi Belajar, minat dll. Penelitian ini merupakan hasil penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasi sederhana dan korelasi berganda, bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara konsentrasi belajar dan motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Kandangan yang beragama islam yaitu berjumlah 97 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana teknik ini digunakan untuk penentuan sampel bila semua anggota populasinya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian melalui statistik deskripstif menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Konsentrasi Belajar dan Disiplin Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 2 Kandangan, kedua hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 2 Kandangan, ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII di SMPN 2 Kandangan. Prosentase hubungan antara konsentrasi belajar dan motivasi belajar dengan disiplin belajar dengan koefisien determinasi Rsquare = 0.262 artinya 26,2% Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar artinya 73,8% disebabkan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak