Daftar Isi:
  • Metode jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran.Jigsaw adalah teknik pembelajaran aktif yang biasa digunakan karena teknik ini mempertahankan tingkat tanggung jawab pribadi yang tinggi. Tujuan dari jigsaw ini adalah mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian. Fokus masalah yang diambil peneliti adalah: 1) Bagaimana implementasi metode jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X OTKP 3 di SMK PGRI 2 Kediri, 2) Bagaimana pengaruh metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X OTKP 3 di SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajain data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) implementasi metode jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK PGRI 2 Kediri telah diterapkan dengan baik dan proses menuju kesempurnaan, 2) sampai saat ini sudah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkanya metode jigsaw di kelas X OTKP 3 SMK PGRI 2 Kota Kediri.