Hubungan Prestasi Belajar Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Ketaatan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah di MTsN 3 Kota Kediri, 2017
Daftar Isi:
- Prestasi belajar tidak lepas dari kemapuan guru dalam mendidik akademisinya yang baik saja, akan tetapi harus didukung dengan adanya sarana peraturan yang tegas agar mental kedisiplinan tumbuh dengan sendirinya agar prestasi belajar siswa bisa berkembang pesat khususnya mapel Akidah Akhlak. ketaatan yang baik adalah kebiasaan yang berulang pada waktu dan tempat yang sama. Kebiasaan yang harus dipupuk dan terus ditingkatkan dari waktu kewaktu. Ketaatan sejati tidak di bentuk dalam waktu satu dua tahun, tetapi merupakan bentukan kebiasaan sejak masa kecil, kemudian perilaku tersebut dipertahankan pada waktu remaja dan dihayati maknanya di waktu dewasa dan dipetik hasilnya sehingga akan terwujud akhlak yang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diadakan penelitian yang berjudul Hubungan Prestasi Belajar Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Ketaatan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah di MTsN 3 Kota Kediri, 2017. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTsN 3 Kota Kediri, untuk mengetahui ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah di MTsN 3 Kota Kediri dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara prestasi belajar pada mata pelajaran akhidah akhlak dengan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah di MTsN 3 Kota Kediri. Populasi penelitian ini adalah siswa MTsN 3 Kota Kediri. Yaitu kelas VIII dengan jumlah sampel 220 siswa. Sedangkan untuk sampelnya sebanyak 140 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Data yang di dikumpulkan dianalisis dengan teknik Product Moument. Hasil penelitian menunjukkan Prestasi belajar siswa mapel Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016-2017 termasuk dalam kategori sedang 40 % siswa berprestasi. Ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah menunjukkan dalam kategori tinggi 52,4 % taaat, terhadap tata tertib sekolah. Dan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan sebesar 0,234 % antara Prestasi belajar Akidah Akhlak dengan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016-2017.