Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Muhadatsah Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Santri Putri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode drill dalam pembelajaran Muhadatsah untuk meningkatkan Maharah Kalam santri putri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku serta faktor-faktor kelebihan dan kekurangan dengan diterapkannya metode Drill dalam pembelajaran Muhadatsah untuk meningkatkan maharah Kalam santri putri di Pondok Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dimana penulis melakukan penelitian dengan terjun langsung ke lapangan untuk mencari data secara langsung di sebuah Pondok Pesantren Modern Raden Paku tepatnya di Trenggalek. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Muhadatsah yaitu ustadzah memberikan dan membacakan materi dengan cara berulang-ulang dan santri menirukan secara bersama-sama, kemudian ustadzah bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan maharah kalam pada santri putri dan dapat melafalkan kalimat-kalimat yang dipraktekkan dalam kesehariannya dengan fasih dan lancar. (2) Faktor Kelebihan yang mendukung dalam Pembelajaran Muhadatsah dengan diterapkannya metode drill yaitu dengan kebiasaan yang berulang-ulang akan menjadikan santri putri mudah dalam melafalkan kemampuan berbicara dengan menggunakan kalimat-kalimat yang didapatkan tersebut. Sedangkan faktor kekurangan yang menghambat adalah dengan kebiasaan kecakapan yang memberikan respon secara otomatis, disaat mencari makna atau arti dari kosa kata yang sulit dan jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari. Karena itu akan menimbulkan sifat malas bagi santri yang tidak bisa kreatif serta aktif dalam pembelajaran muhadatsah tersebut.