Daftar Isi:
  • Guru merupakan seorang pendidik yang tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga memiliki tugas untuk memimpin pembelajaran dengan berhasil agar bisa mencapai tujuan pembelajaran, selain itu seorang guru juga harus bisa mendidik serta membimbing siswa agar bisa memahami materi uyang disampaikan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pendekatan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Tanjunganom. 2) Mengetahui metode guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Tanjunganom. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode pengumpulan datanya: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik diskriptif. Dengan tiga cara yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Pendekatan yang digunakan Guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan pendekatan individu dan kelompok. 2) metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan cara menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan pujian kepada siswa, dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dan yang terakhir adalah dengan cara mendatangkan motivator.