Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter sangatlah penting dalam membangun sebuah peradaban bangsa yang kuat dan berakhlak mulia. Tanpa karakter sebuah bangsa yang dibangun atas seseorang dapat dengan mudah melakukan apapun yang menyakiti atau menyengsarakan orang lain bahkan bangsa lain. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah : (1) Apa saja isi sistem point (reward and punishment) di SMA Muhammadiyah Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan sistem point (reward and punishment) dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMA Muhammadiyah Kediri? (3) Bagaimana dampak pelaksanaan sistem point (reward and punishment) pada karakter disiplin siswa di SMA Muhammadiyah Kediri? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun lokasi penelitian berada di SMA Muhammadiyah Kediri. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yakni melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode triangulasi. Hasil penelitian ini, meliputi (1) isi sistem point (reward and punishment) di SMA Muhammadiyah Kediri ada dua, yaitu (a) sistem point positif, dan (b) sistem point negatif. (2) Pelaksanaan sistem point (reward and punishment) dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMA Muhammadiyah Kediri, meliputi (a) konsep (b) tujuan (c) proses dan (d) strategi. (3) Dampak pelaksanaan sistem point (reward and punishment) pada karakter disiplin siswa di SMA Muhammadiyah Kediri, meliputi (a) sistem point reward antara lain bisa melatih kejujuran, keberanian, dan lebih disiplin, dan (b) sistem point punishment antara lain anak lebih disiplin, tepat waktu, dan tanggung jawab atas perbuatannya.