ctrlnum 1499
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/</relation><title>Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kediri</title><creator>Mubarok, Amin</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Pada zaman seperti sekarang ini Pendidikan Agama Islam adalah langkah awal untuk membentuk masyarakat yang bermoral, masyarakat muslim khususnya orang tua dan guru dituntut untuk memiliki sikap peduli, khawatir, dan prihatin terhadap kondisi dan dunia anak-anak sebagai generasi penrus keluarga dan negara. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan mereka pada sebuah keyakinan bahwa Allah SWT adalah tuhan mereka dan Al-Qur&#x2019;an adalah firmannya sehingga ruh Al-Qur&#x2019;an selalu tertanam dalam hati mereka. Maka peran Guru PAI sangat penting karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kualitas pendidikan yang ada dalam sekolah itu sendiri. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kediri? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan islamdi SMA Negeri 6 Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam adalah : Mempersiapkan pembelajaran, telah menempuh jenjang pendidikan S1 PAI, memaksimalkan kegiatan keagamaan yang ada di sekolah, dan membimbing akhlaq siswanya secara langsung serta kerjsama dengan orang tua siswa. 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam : a. Faktor pendukung yaitu Guru yang kompeten dan profesional yang semua sudah S1, faktor keluarhga, faktor sarana dan prasarana serta faktor kekeluargaan antar guru. b. Faktor penghambat yaitu a) Dari sumber daya manusia, karena hanya ada 3 guru PAI.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/1/932101312_PRABAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/2/932101312_BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/3/932101312_BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/4/932101312_BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/5/932101312_BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/6/932101312_BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/7/932101312_BAB%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/8/932101312_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/9/932101312_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Mubarok, Amin (2018) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1499</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mubarok, Amin
title Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kediri
publishDate 2018
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/1/932101312_PRABAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/2/932101312_BAB%201.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/3/932101312_BAB%202.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/4/932101312_BAB%203.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/5/932101312_BAB%204.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/6/932101312_BAB%205.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/7/932101312_BAB%206.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/8/932101312_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/9/932101312_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1499/
contents Pada zaman seperti sekarang ini Pendidikan Agama Islam adalah langkah awal untuk membentuk masyarakat yang bermoral, masyarakat muslim khususnya orang tua dan guru dituntut untuk memiliki sikap peduli, khawatir, dan prihatin terhadap kondisi dan dunia anak-anak sebagai generasi penrus keluarga dan negara. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan mereka pada sebuah keyakinan bahwa Allah SWT adalah tuhan mereka dan Al-Qur’an adalah firmannya sehingga ruh Al-Qur’an selalu tertanam dalam hati mereka. Maka peran Guru PAI sangat penting karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya kualitas pendidikan yang ada dalam sekolah itu sendiri. Berdasarkan fenomena tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kediri? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan islamdi SMA Negeri 6 Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam adalah : Mempersiapkan pembelajaran, telah menempuh jenjang pendidikan S1 PAI, memaksimalkan kegiatan keagamaan yang ada di sekolah, dan membimbing akhlaq siswanya secara langsung serta kerjsama dengan orang tua siswa. 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam : a. Faktor pendukung yaitu Guru yang kompeten dan profesional yang semua sudah S1, faktor keluarhga, faktor sarana dan prasarana serta faktor kekeluargaan antar guru. b. Faktor penghambat yaitu a) Dari sumber daya manusia, karena hanya ada 3 guru PAI.
id IOS6979.1499
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-10-17T22:30:51Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:45Z
recordtype dc
_version_ 1695295575095771136
score 17.538404