Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol
ctrlnum |
1497 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/</relation><title>Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol,</title><creator>Marsela, Purin</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Di era globalisasi ini, banyak sekali pergeseran nilai dalam kehidupan
masyarakat dikarenakan para generasi kita masih banyak yang belum mampu
untuk membaca al-Qur’an secara baik apalagi memahaminya. Merujuk pada hal
tersebut sekolah sebagai wadah dalam mendidik individu, untuk kebaikan budi
pekerti dan pengetahuan maupun pengalamannya. Berkaitan dengan hal tersebut
adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mengetahui upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X
melalui kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 1 Grogol. Kedua, Mengetahui
upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ
siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dan Studi Kerohanian
Islam di SMA Negeri 1 Grogol. Ketiga, mengetahui faktor penghambat dari
upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ
siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Keempat, Mengetahui faktor pendukung
dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ
siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif rancangan studi kasus. Subjek
penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data menggunakan 3 teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan
verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan
dengan menggunakan kriteria kredibilitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang
dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa
kelas X SMA Negeri 1 Grogol, yaitu: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam
dalam meningkatkan kemampuan baca tulis melalui kegiatan intrakurikuler yaitu
melalui berdoa sebelum pelajaran dimulai, membaca Asmaul Husna sebelum
pelajaran dimulai, serta membiasakan membaca al-Qur’an beserta artinya dan
menggunakan metode imla’ untuk menulis al-Qur’an. 2) Upaya guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas X
melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dengan memberdaya anggota SKI,
melaksanakan kegiatan ekstra al-Qur’an rutin dan wajib bagi kelas X setiap hari
Jum’at dan terdapat lembar prestasi untuk memantau perkembangan kemampuan
membaca siswa dan untuk mengetahui aktif tidaknya siswa mengikuti ekstra alQur’an. 3) Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis
al-Qur’an adalah siswa enggan membawa al-Qur’an Juz’ Amma (kegiatan
intrakurikuler), anggota SKI enggan menjadi tutor karena ragu akan
kemampuannnya, dan beberapa siswa kelas X membolos kegiatan ekstra al-
x
Qur’an. 4) Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis
al-Qur’an adalah dengan menggunakan media iqra’ yang sudah banyak diketahui
siswa, dukungan kegiatan dari pihak sekolah dan kurikulum serta pemberdayaan
sarana prasarana.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/2/932119715_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/1/932119715_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/3/932119715_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/4/932119715_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/5/932119715_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/6/932119715_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/7/932119715_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/8/932119715_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/9/932119715_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Marsela, Purin (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol,. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1497</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Marsela, Purin |
title |
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol |
publishDate |
2019 |
topic |
130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/2/932119715_PRA%20BAB.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/1/932119715_BAB%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/3/932119715_BAB%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/4/932119715_BAB%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/5/932119715_BAB%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/6/932119715_BAB%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/7/932119715_BAB%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/8/932119715_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/9/932119715_LAMPIRAN.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/ |
contents |
Di era globalisasi ini, banyak sekali pergeseran nilai dalam kehidupan
masyarakat dikarenakan para generasi kita masih banyak yang belum mampu
untuk membaca al-Qur’an secara baik apalagi memahaminya. Merujuk pada hal
tersebut sekolah sebagai wadah dalam mendidik individu, untuk kebaikan budi
pekerti dan pengetahuan maupun pengalamannya. Berkaitan dengan hal tersebut
adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mengetahui upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X
melalui kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 1 Grogol. Kedua, Mengetahui
upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ
siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dan Studi Kerohanian
Islam di SMA Negeri 1 Grogol. Ketiga, mengetahui faktor penghambat dari
upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ
siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Keempat, Mengetahui faktor pendukung
dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ
siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif rancangan studi kasus. Subjek
penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data menggunakan 3 teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan
verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan
dengan menggunakan kriteria kredibilitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang
dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa
kelas X SMA Negeri 1 Grogol, yaitu: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam
dalam meningkatkan kemampuan baca tulis melalui kegiatan intrakurikuler yaitu
melalui berdoa sebelum pelajaran dimulai, membaca Asmaul Husna sebelum
pelajaran dimulai, serta membiasakan membaca al-Qur’an beserta artinya dan
menggunakan metode imla’ untuk menulis al-Qur’an. 2) Upaya guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas X
melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dengan memberdaya anggota SKI,
melaksanakan kegiatan ekstra al-Qur’an rutin dan wajib bagi kelas X setiap hari
Jum’at dan terdapat lembar prestasi untuk memantau perkembangan kemampuan
membaca siswa dan untuk mengetahui aktif tidaknya siswa mengikuti ekstra alQur’an. 3) Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis
al-Qur’an adalah siswa enggan membawa al-Qur’an Juz’ Amma (kegiatan
intrakurikuler), anggota SKI enggan menjadi tutor karena ragu akan
kemampuannnya, dan beberapa siswa kelas X membolos kegiatan ekstra al-
x
Qur’an. 4) Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis
al-Qur’an adalah dengan menggunakan media iqra’ yang sudah banyak diketahui
siswa, dukungan kegiatan dari pihak sekolah dan kurikulum serta pemberdayaan
sarana prasarana. |
id |
IOS6979.1497 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-10-17T22:30:51Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295575085285376 |
score |
17.538404 |