ctrlnum 1497
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/</relation><title>Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol,</title><creator>Marsela, Purin</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Di era globalisasi ini, banyak sekali pergeseran nilai dalam kehidupan&#xD; masyarakat dikarenakan para generasi kita masih banyak yang belum mampu&#xD; untuk membaca al-Qur&#x2019;an secara baik apalagi memahaminya. Merujuk pada hal&#xD; tersebut sekolah sebagai wadah dalam mendidik individu, untuk kebaikan budi&#xD; pekerti dan pengetahuan maupun pengalamannya. Berkaitan dengan hal tersebut&#xD; adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mengetahui upaya guru&#xD; Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X&#xD; melalui kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 1 Grogol. Kedua, Mengetahui&#xD; upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ&#xD; siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur&#x2019;an dan Studi Kerohanian&#xD; Islam di SMA Negeri 1 Grogol. Ketiga, mengetahui faktor penghambat dari&#xD; upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ&#xD; siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Keempat, Mengetahui faktor pendukung&#xD; dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ&#xD; siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif rancangan studi kasus. Subjek&#xD; penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data&#xD; yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan&#xD; analisis data menggunakan 3 teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan&#xD; verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan&#xD; dengan menggunakan kriteria kredibilitas.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang&#xD; dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur&#x2019;an siswa&#xD; kelas X SMA Negeri 1 Grogol, yaitu: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam&#xD; dalam meningkatkan kemampuan baca tulis melalui kegiatan intrakurikuler yaitu&#xD; melalui berdoa sebelum pelajaran dimulai, membaca Asmaul Husna sebelum&#xD; pelajaran dimulai, serta membiasakan membaca al-Qur&#x2019;an beserta artinya dan&#xD; menggunakan metode imla&#x2019; untuk menulis al-Qur&#x2019;an. 2) Upaya guru pendidikan&#xD; agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur&#x2019;an siswa kelas X&#xD; melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur&#x2019;an dengan memberdaya anggota SKI,&#xD; melaksanakan kegiatan ekstra al-Qur&#x2019;an rutin dan wajib bagi kelas X setiap hari&#xD; Jum&#x2019;at dan terdapat lembar prestasi untuk memantau perkembangan kemampuan&#xD; membaca siswa dan untuk mengetahui aktif tidaknya siswa mengikuti ekstra alQur&#x2019;an. 3) Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis&#xD; al-Qur&#x2019;an adalah siswa enggan membawa al-Qur&#x2019;an Juz&#x2019; Amma (kegiatan&#xD; intrakurikuler), anggota SKI enggan menjadi tutor karena ragu akan&#xD; kemampuannnya, dan beberapa siswa kelas X membolos kegiatan ekstra al-&#xD; x&#xD; Qur&#x2019;an. 4) Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis&#xD; al-Qur&#x2019;an adalah dengan menggunakan media iqra&#x2019; yang sudah banyak diketahui&#xD; siswa, dukungan kegiatan dari pihak sekolah dan kurikulum serta pemberdayaan&#xD; sarana prasarana.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/2/932119715_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/1/932119715_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/3/932119715_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/4/932119715_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/5/932119715_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/6/932119715_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/7/932119715_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/8/932119715_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/9/932119715_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Marsela, Purin (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol,. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1497</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Marsela, Purin
title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol
publishDate 2019
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/2/932119715_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/1/932119715_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/3/932119715_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/4/932119715_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/5/932119715_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/6/932119715_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/7/932119715_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/8/932119715_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/9/932119715_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1497/
contents Di era globalisasi ini, banyak sekali pergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat dikarenakan para generasi kita masih banyak yang belum mampu untuk membaca al-Qur’an secara baik apalagi memahaminya. Merujuk pada hal tersebut sekolah sebagai wadah dalam mendidik individu, untuk kebaikan budi pekerti dan pengetahuan maupun pengalamannya. Berkaitan dengan hal tersebut adapun tujuan dari penelitian ini adalah Pertama, Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X melalui kegiatan intrakurikuler di SMA Negeri 1 Grogol. Kedua, Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dan Studi Kerohanian Islam di SMA Negeri 1 Grogol. Ketiga, mengetahui faktor penghambat dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Keempat, Mengetahui faktor pendukung dari upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan 3 teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan kriteria kredibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol, yaitu: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis melalui kegiatan intrakurikuler yaitu melalui berdoa sebelum pelajaran dimulai, membaca Asmaul Husna sebelum pelajaran dimulai, serta membiasakan membaca al-Qur’an beserta artinya dan menggunakan metode imla’ untuk menulis al-Qur’an. 2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas X melalui kegiatan ekstrakurikuler al-Qur’an dengan memberdaya anggota SKI, melaksanakan kegiatan ekstra al-Qur’an rutin dan wajib bagi kelas X setiap hari Jum’at dan terdapat lembar prestasi untuk memantau perkembangan kemampuan membaca siswa dan untuk mengetahui aktif tidaknya siswa mengikuti ekstra alQur’an. 3) Faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an adalah siswa enggan membawa al-Qur’an Juz’ Amma (kegiatan intrakurikuler), anggota SKI enggan menjadi tutor karena ragu akan kemampuannnya, dan beberapa siswa kelas X membolos kegiatan ekstra al- x Qur’an. 4) Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an adalah dengan menggunakan media iqra’ yang sudah banyak diketahui siswa, dukungan kegiatan dari pihak sekolah dan kurikulum serta pemberdayaan sarana prasarana.
id IOS6979.1497
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-10-17T22:30:51Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:45Z
recordtype dc
_version_ 1695295575085285376
score 17.538404