Daftar Isi:
  • Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peran Guru Agama Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Anak Di SMPN 1 Ngronggot. Fokus Masalah Yang Akan Dikaji Adalah: 1) Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Padasiswa SMPN 1 Ngronggot. 2) Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa SMPN 1 Ngronggot. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif. Penelitian Dilaksanakan Dengan Tahap Persiapan, Pelaksanaan, Penyelesaian. Subjek Penelitian Adalah Peran Guru Agama Islam. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Metode Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi.Teknik Analisis Data Menggunakan Tiga Komponen Utama Yaitu Reduksi Data, Pengumpulan Data, Danpenarikan Data. Dari Hasil Penelitian Diketahui Bahwa Peran Guru Agama Islam Di SMPN 1 Ngronggotdalammengembangkankecerdasanemosionaldan Spiritual Meliputi: Guru Agama Memiliki Peran Guru Agama Yaitu Melibatkan Siswa Secara Optimal Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Serta Dalam Berorganisasi Sehingga Siswa Dapat Bersosialisasi Dengan Baik Tanpa Memandang Harta, Fisik, Dan Jabatan. Penelitian Ini Mengungkapkan Bahwa Peran Guru Paidalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Dismpn 1 Ngronggot Yaitu Guru Berperan Sebagai Pembimbing, Sebagai Motivator, Sebagai Korektor Dan Sebagai Inspirator. Sedangkan Faktor Pendukung Serta Penghambat Dalam Peran Guru Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Yaitu Faktor Intern Yang Berupa Minat Dari Dalam Diri Siswa Tersebut Sedangkan Faktor Eksternnya Yaitu Dari Sarana Dan Prasarana, Lingkungan Baik Lingkungan Sekolah Maupun Lingkungan Keluarga Itu Sendiri