Daftar Isi:
  • Peningkatan Kedisiplinan Dari Setiap Individu Dapat Dipengaruhi Dari Beberapa Faktor. Salah Satu Faktor Yang Paling Mempengaruhi Pola Perilaku Disiplin Adalah Keluarga, Sosial, Dan Lingkungan Pendidikan Sekolah. Namun Sesuai Dengan Fokus Penelitian Yang Akan Dikaji Disini Adalah Pada Faktor Lingkungan Sekolah Yaitu Madrasah Diniyah. Penelitian Ini Fokus Pada: 1. Bagaimana Upaya Ustadzah Sebagai Pemberi Motivasi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Santri?. 2. Bagaimana Upaya Ustadzah Menanamkan Kesadaran Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Santri?. 3. Bagaimana Upaya Ustadzah Dalam Menerapkan Latihan Pembiasaan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Santri?. Penelituan Ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif Yang Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Upaya Ustadzah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Santri Di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Kedungrejo Prambon Nganjuk. Hasil Penelitian Tersebut Diharapkan Mampu Memberikan Pemahaman Terkait Dengan Upaya Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Ustadzah Sehingga Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Santri. Objek Dari Penelitian Ini Yaitu Ustadzah Di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum. Pengumpulan Data Yang Dilakukan Yaitu Dengan Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Dilakukan Yaitu Dengan Cara Pengumpulan Data, Reduksi Data, Serta Menarik Kesimpulan. Hasil Dari Penelitian Menunjukkan Bahwa Upaya Ustadzah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Dalam Beribadah Dilakukan Dengan, 1. Memotivasi Pada Santri Dengan Cara Memberikan Angka Sebagai Simbol Nilai, Melakukan Kompetisi Dan Kerjasama, Memberikan Reward Serta Hukuman (Takzir) Bagi Yang Melanggar. 2. Penanaman Kesadaran Dengan Melakukan Persiapan Serta Memperluas Kegiatan Madrasah. 3. Latihan Pembiasaan Disiplin Beribadah Dengan Melakukan Pembiasaan Membaca Asmaul Husna, Sholat Berjamaah, Menghafal Surat Pendek, Membiasakan Berdzikir Setelah Sholat.