Pengaruh Model Make A Match Didukung Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Pada Siswa Kelas Viii Mts Hidayatus Sholihin Turus-Gurah Kediri T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di MTs masih didominasi oleh aktivitas klasikal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya suasana pembelajaran yang baru agar siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model dan media yang tepat digunakan yaitu model Make A Match didukung media audio visual. Berangkat dari itu peneliti menelaah lebih jauh 1) Bagaimana proses pembelajaran model Make A Match didukung media audio visual pada pembelajaran Akidah Akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah pada siswa kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Turus-Gurah Kediri T.A 2019/2020, 2) Adakah pengaruh model Make A Match didukung media audio visual pada pembelajaran Akidah Akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah pada siswa kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Turus-Gurah Kediri T.A 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian ekperimental dengan Pretest-Posttest Only Control group Design. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Metode pengambilan data hasil belajar akidah akhlak menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) langkah-langkah kegiatan model pembelajaran Make A Match didudukung media audio visual. Pertama, guru (peneliti) menyajikan video sesui materi yang diajarkan. Kedua, guru (peneliti) menjelaskan materi. Ketiga, guru (peneliti) membagi siswa menjadi 2 kelompok (kelompok soal dan jawaban). Keempat, guru (peneliti) membagikan kartu Make A Match. Kelima, selanjutnya kegiatan dimulai dengan tanda guru (peneliti) mengetuk papan tulis dan masing-masing anggota kelompok bergerak mencari pasangannya (pertanyaan dan jawaban) dengan waktu 1 menit. Keenam, siswa mendapat pasangan, kemudian siswa menunjukkan kartu pertanyaan dan jawaban kepada peneliti untuk memberi penilaian berupa skor. Ketujuh, siswa beserta pasangannya mempresentasikan kartu yang didapat ke depan kelas dan terakhir guru (peneliti) mengevaluasi soal yang ada dikartu. 2) Ada pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran Make A Match didukung media audio visual terhadap hasil belajar akidah akhlak materi iman kepada kitab-kitab Allah, thitung (4,686) > ttabel 5% (1,670).