Daftar Isi:
  • Pendidikan entrepreneurship adalah suatu program pendidikan untuk mencetak seorang pengusaha. Melihat fakta bahwa jumlah angkatan kerja terus meningkat dan tidak seimbang dengan lowongan kerja menjadikan banyaknya pengangguran. Untuk itu pendidikan entrepreneurship perlu digalakkan, terutama pada lembaga pendidikan. POMOSDA merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjalankan pendidikan entrepreneurship. Pendidikan tersebut tidak dapat dipisahkan sejak awal berdirinya POMOSDA. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana proses pendidikan entrepreneurship di SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk, (2) Bagaimana hasil pemberdayaan santri melalui pendidikan entrepreneurship di SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk. Pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengasuh, waka entrepreneur, instruktur vocational skill, santri dan alumni. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pendidikan entrepreneurship di SMA POMOSDA dilakukan dengan integrasi pendidikan entrepreneurship pada mata pelajaran sekolah dan implementasi pendidikan entrepreneurship pada praktik ketrampilan (2) Hasil pemberdayaan santri melalui pendidikan entrepreneurship di SMA POMOSDA berupa santri memiliki mindset entrepreneur, santri memiliki kompetensi keterampilan, dan santri memiliki sebuah usaha.