Studi Komparasi Sikap Religius Antara Siswa Boarding Dan Non Boarding kelas VIII Di MTs Hidayatus Sholihin Turus
Daftar Isi:
- Sikap merupakan sebuah sistem yang saling berinteraksi antara hasil pe nalaran, pemahaman dan penghayatan yang muncul diwujudkan dengan afektif. Dari adanya sistem yang saling berinteraksi terciptalah religius yang tinggi melalui kelembagaan pendidikan non-formal seperti boarding, madrasah diniyah, atau lembaga-lembaga non formal yang menyediakan bidang jasa dalam pendidikan. Dari latar belakang di atas, rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana sikap religius siswa Boarding kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Kediri? 2) Bagaimana sikap religius siswa non Boarding kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Kediri? 3) Bagaimana perbandingan sikap religius antara siswa Boarding dengan non Boarding kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Kediri? Penelitian ini bersifat komparatif yaitu bertujuan untuk membandingkan sikap religius antara siswa boarding dengan non boarding. Sampel penelitian berjumlah 139 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu siswa boarding dan siswa non boarding dari kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri dan diambil secara random sampling. Analisis data statistik menggunakan rumus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sikap religius siswa boarding tergolong Tinggi dengan hasil statistik yang hasilnya rata-ratanya yaitu 105,119. 2) sikap religius siswa non boarding tergolong sedang dengan rata-rata yang diperoleh 98,206. 3) terdapat perbedaan sikap religius siswa kelas VIII MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah kediri, siswa boarding diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05 maka digunakan hasil analisis yang dapat digunakan yang dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Ha: terdapat perbedaan sikap religius antara siswa boarding dengan non boarding kelas VIII di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri.