Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi mutu lembaga pendidikan di Indonesia yang masih dalam kategori rendah. Bahkan kini masyarakat lebih selektif dalam memilih lembaga pendidikan yang bermutu untuk putra-putrinya. Sehingga strategi-strategi peningkatan mutu pendidikan, perlu diterapkan pada suatu lembaga pendidikan. Salah satu strateginya adalah dengan melakukan penerapan total quality management. Dimana model manajemen ini memberikan trobosan peningkatan mutu yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana mutu pedidikan di MTsN 5 Kediri ?, 2) Bagaimana strategi peningkatan mutu pendidikan berbasis total quality management di MTsN 5 Kediri ?. Sedangakan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi mutu pendidikan di MTsN 5 Kediri dan strategi peningkatan mutu pendidikan berbasis total quality management di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data hasil penelitian menggunakan teknik 1) meningkatkan ketekunan, dan 2) triangulasi. Sedangkan tahap-tahap penelitian penelitian ini melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisa data, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan 1) mutu pendidikan di MTsN 5 Kediri sudah dalam kategori baik, dengan nilai akreditasi yang sudah A, menerapkan kurkikulum 2013, sarana prasarana yang sudah memenuhi kebutuhan pelanggan, serta tenaga pendidik dan kependidikan banyak yang berijazah S1 dan S2. 2) Strategi peningkatan mutu pendidikan di MTsN 5 Kediri, menggunakan prinsip-prinsip total quality management, yakni fokus pada kepuasan pelanggan, respek terhadap semua orang dan keterlibatan total, manajemen berbasis fakta, dan perbaikan secara berkesinambungan.