Daftar Isi:
  • Pembentukan akhlak dari setiap individu merupakan hal yang sangat penting. Dalam proses pembentukan akhlak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara dalam membentuk akhlak tersebut dapat dilakukan oleh seorang guru. Namun peran guru dalam membentuk akhlak siswa, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan akhlak tersebut. Maka sesuai dengan fokus Penelitian, peneliti akan membahas tentang : 1. Bagaimana peran guru dalam membentuk akhlak siswa. 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak siswa di SD Islam Al-Huda Grogol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang di dapat dari hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru bina Islami, dan siswa. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data, pengecekan keabsahan data, tahap-tahap penelitian yang menggunakan empat tahap penelitian yaitu : tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak siswa. Peran guru pendidikan agama Islam yang pertama yaitu sebagai moderator guru harus bisa mengarahkan dan memberi contoh akhlak yang baik kepada siswa, yang kedua sebagai supervisor guru harus selalu mengawasi siswanya dalam berperilaku yang baik, yang ketiga sebagai motivator guru yang memotivasi dan mendorong siswa untuk berakhlak baik, dan yang keempat sebagai edukator guru yang bisa membimbing siswa. Kemudian dalam akhlak siswa di SD Islam Al-Huda ini semakin baik, karena setiap harinya guru mengadakan pembinaan pada anak dalam proses pembentukan karakter siswa di sekolah. Dan oang tua wali murid pun juga ikut serta dalam mengawasi anaknya baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.