ctrlnum 1440
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/</relation><title>Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Al Qur&#x2019;an Dengan Metode Ummi Di Tpq Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk</title><creator>Trisnawati, Ayu Yulia</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Pengelolaan kelas merupakan suatu yang sangat penting, karena dengan adanya pengelolaan kelas maka akan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien. Akan tetapi dalam pelaksanaannya seorang guru pasti menghadapi suatu permasalahan dan hambatan, baik dalam mengelola siswa maupun dalam mengelola prasarana kelas. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al Qur&#x2019;an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk?, 2) Apakah faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al Qur&#x2019;an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas yang dilakukan dalam pembelajaran Al-Qur&#x2019;an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas yang dilakukan dalam pembelajaran Al-Qur&#x2019;an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah.&#xD; Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dan penelitian ini dilakukan di TPQ Nurul Hidayah. Adapun data yang didapatkan berasal dari lokasi hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalam deskriptif yaitu dengan cara membuat gambaran yang sistematis dan factual, dan analisisnya dilakukan dengan tiga cara, di antaranya adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan (conclusion verifiying).&#xD; Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Strategi Pengelolaan Kelas pembelajaran Al-Qur&#x2019;an dengan Metode Ummi yang dilaksanakan di TPQ Nurul Hidayah antara lain Mengatur tempat duduk santri, Pemilihan bentuk kegiatan dan pengelolaan waktu dalam pembelajaran Al Qur&#x2019;an dengan metode Ummi, Menangani santri yang mengganggu saat pembelajaran Al Qur&#x2019;an. 2) Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas dengan Metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah, yaitu Peran kepala TPQ yang selalu melakukan pengawasan terhadap pembelajaran Al Qur&#x2019;an, Manajemen metode Ummi yang terstruktur, dan anak-anak yang tertib masuk kelas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang kurang telaten dalam mengerjakan administrasi pembelajaran Al Qur&#x2019;an dan kurang terpenuhinya sarana bangku.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/1/932137015%20-%20PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/2/932137015%20-%20BAB%20I%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/3/932137015%20-%20BAB%20II%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/4/932137015%20-%20BAB%20III%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/5/932137015%20-%20BAB%20IV%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/6/932137015%20-%20BAB%20V%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/7/932137015%20-%20BAB%20VI%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/8/932137015%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/9/932137015%20-%20LAMPIRAN%20.pdf</identifier><identifier> Trisnawati, Ayu Yulia (2019) Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Al Qur&#x2019;an Dengan Metode Ummi Di Tpq Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1440</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Trisnawati, Ayu Yulia
title Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Al Qur’an Dengan Metode Ummi Di Tpq Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk
publishDate 2019
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/1/932137015%20-%20PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/2/932137015%20-%20BAB%20I%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/3/932137015%20-%20BAB%20II%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/4/932137015%20-%20BAB%20III%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/5/932137015%20-%20BAB%20IV%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/6/932137015%20-%20BAB%20V%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/7/932137015%20-%20BAB%20VI%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/8/932137015%20-%20DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/9/932137015%20-%20LAMPIRAN%20.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1440/
contents Pengelolaan kelas merupakan suatu yang sangat penting, karena dengan adanya pengelolaan kelas maka akan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien. Akan tetapi dalam pelaksanaannya seorang guru pasti menghadapi suatu permasalahan dan hambatan, baik dalam mengelola siswa maupun dalam mengelola prasarana kelas. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk?, 2) Apakah faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Al Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas yang dilakukan dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas yang dilakukan dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dan penelitian ini dilakukan di TPQ Nurul Hidayah. Adapun data yang didapatkan berasal dari lokasi hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalam deskriptif yaitu dengan cara membuat gambaran yang sistematis dan factual, dan analisisnya dilakukan dengan tiga cara, di antaranya adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Strategi Pengelolaan Kelas pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi yang dilaksanakan di TPQ Nurul Hidayah antara lain Mengatur tempat duduk santri, Pemilihan bentuk kegiatan dan pengelolaan waktu dalam pembelajaran Al Qur’an dengan metode Ummi, Menangani santri yang mengganggu saat pembelajaran Al Qur’an. 2) Faktor pendukung strategi pengelolaan kelas dengan Metode Ummi di TPQ Nurul Hidayah, yaitu Peran kepala TPQ yang selalu melakukan pengawasan terhadap pembelajaran Al Qur’an, Manajemen metode Ummi yang terstruktur, dan anak-anak yang tertib masuk kelas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang kurang telaten dalam mengerjakan administrasi pembelajaran Al Qur’an dan kurang terpenuhinya sarana bangku.
id IOS6979.1440
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-10-17T22:30:49Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:42Z
recordtype dc
_version_ 1695295574609231872
score 17.538404