Daftar Isi:
  • Judul dari skripsi ini adalah “Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Kegiatan Gerakan Literasi Di Mts Negeri 2 Nganjuk” masalah yang menjadi fokus dari tulisan ini adalah bagaimana minat, upaya untuk meningkatakn minat baca siswa MTs Negeri 2 Nganjuk dan dampak yang dihasilkan setelah mengikuti kegiatan gerakan literasi. Penelitian yang dipergunakan dalam penyusunan skripsi ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Yaitu metode yang sifatnya memberikan gambaran atau penjelasan tentang suatu gejala atau peristiwa sebagaimana adanya atau sesuai dengan apa yang terjadi dilapang. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana minat baca di MTs Negeri 2 Nganjuk, 2) Upaya yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan minat baca di MTs Negeri 2 Nganjuk, 3) Dampak yang dihasilkan setelah mengikuti kegiatan gerakan literasi di MTs Negeri 2 Nganjuk. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif, dan lokasi penelitian di MTs Negeri 2 Nganjuk. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi, dokumentasi dan hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru bidang studi, peserta didik dan wali murid. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan cara membuat gambaran yang sistematis dan faktual, dan analisisnya dilakukan dengan model Miles dan Huberman dengan tiga cara: diantaranya adalah reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), penyajian data atau paparan data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan(conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) minat baca di MTs Negeri 2 Nganjuk adalah melalui observasi, dokumentasi dan wawancara masih tergolong rendah 2) untuk upaya yang dilakukan madrasah di MTs Negeri 2 Nganjuk dengan proses sebagai berikut. Pertama, melalui kegiatan baca 15 menit sebelum pembelajaran. Kedua, program menulis . Ketiga, adanya kegiatan ekstrakurikuler 3) dampak yang dihasilkan setelah mengikuti kegiatan gerakan literasi baik dilingkup madrasah maupun rumah yang dapat dirasakan antara lain, peserts didik jadi rajin membaca, mendapat pengalaman menulis yang baik, dapat berbicara dengan baik dan dengan adanya literasi anak-anak menjadi jarang keluar rumah.