MOTIVASI ORANG TUA SISWA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH ALIYAH SUNAN KALIJOGO KEMAYAN KRANDING MOJO KEDIRI
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Motivasi Orang Tua, Pemilihan Madrasah Motivasi orang tua memegang peran yang penting bagi keberlangsungan pendidikan putra-putrinya. Orang tua merupakan pendongkrak bagi anak-anak dalam menempuh proses pendidikan di sekolah maupun madrasah. Madrasah atas dasar kelahirannya telah membawa misi teologis dengan menempatkan manusia sebagai khalifah Allah fil ardh. Oleh karena itu, kehadiran madrasah di tengahtengah berkembangnya zaman pada saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Madrasah dikembangkan selain berciri khas agama Islam juga dalam rangka tafaquh fiddin (Madrasah Aliyah Keagamaan), atau program studi keislaman. Penelitian ini di fokuskan pada: Apa motivasi yang mendorong orang tua siswa menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Dusun Kemayan, Desa Kranding, Kecamatan Mojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari beberapa informan, yaitu: Orang Tua Siswa, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Komite Madrasah, dll. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan melalui tiga cara, yaitu: Reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), Paparan atau sajian data (data display), Penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: motivasi yang mendorong orang tua siswa menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Dusun Kemayan, Desa Kranding, Kecamatan Mojo, diantaranya: 1) alasan teologis (madrasah yang berciri khas keagamaan. 2) alasan akademis (madrasah bertaraf unggul dan banyaknya prestasi yang diraih) 3)alasan fisiologis (letak madrasah yang berada di kawasan pondok pesantren dan dekat dengan rumah 4)alasan ekonomis (biaya yang terjangkau) 5)alasan sosiologis (mendapat pengakuan di masyarakat dan meningkatkan srata sosial).