Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi sebuah fenomena yang mana masyarakat berkepentingan dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam sebab kita sebagai masyarakat selalu mengharapkan tumbuh dan berkembangnya anak, pemuda dan generasi muda yang lebih baik, lebih cerdas, lebih berkemampuan, dan lebih berjiwa islami. Dalam upaya pengembangan kurikulum ini banyak kita jumpai berbagai macam permasalahan yang menyertainya. Salah satunya adalah saat ini pengembangan kurikulum belum berorientasi pada kepentingan peserta didik, tetapi peserta didik sebagai objek. Untuk mengatasi permasalahan yang selalu menyertai pengembangan kurikulum, diperlukan strategi yang tepat agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disampaikan kesimpulan sebagai berikut (1) Alasan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MTsN 1 Nganjuk : MTsN 1 Nganjuk ingin mewujudkan visi, misi dan tujuan yang ada di MTsN 1 Nganjuk dengan tidak mengesampingkan potensi peserta didik, daerah, keadaan sosial dan juga kebutuhan masyarakat. (2) Komponen kurikulum yang dikembangkan di MTsN 1 Nganjuk adalah semua komponen kurikulum meliputi komponen isi, tujuan,alat atau media dan juga evaluasi. (3) Banyaknya kegiatan keagamaan merupakan strategi dari hasil pengembangan semua komponen kurikulum di MTsN 1 Nganjuk serta penggunaan semua pendekatan dan prinsip pada pengembangan kurikulum.