Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 7 Kediri
Daftar Isi:
- Motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor keberhasilan proses pembelajaran. Motivasi belajar dapat diciptakan dengan adanya dukungan sosial keluarga dan penciptaan iklim kelas yang kondusif. Penelitian ini dimaksud untuk 1) mengetahui dukungan sosial keluarga di SMAN 7 Kediri 2) mengetahui iklim kelas di SMAN 7 Kediri 3) mengetahui motivasi belajar siswa di SMAN 7 Kediri 4) mengetahui pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 7 Kediri 5) mengetahui pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 7 Kediri 6) mengetahui pengaruh dukungan sosial keluarga dan iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 7 Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitiannya di SMA Negeri 7 Kediri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 715 siswa dan diambil sampel 107 siswa yang berpedoman pada teknik sampling yang dikemukakan Suharsimi Arikunto. Instrumen yang digunakan adalah angket dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini hasilnya 1) Dukungan sosial keluarga di SMAN 7 Kediri berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 68,25 2) Iklim Kelas di SMAN 7 Kediri berada pada kategori baik dengan perolehan rata-rata 80,18 3) Motivasi belajar siswa di SMAN 7 Kediri berada pada kategori baik dengan perolehan rata-rata 112,39 4) Dari hasil analisis perhitungan statistik, menunjukkan bahwa sig kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 5) Dari hasil analisis perhitungan statistik, menunjukkan bahwa sig kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 6) Dari hasil analisis perhitungan statistik, menunjukkan bahwa sig kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh dukungan sosial keluarga (X1) dan iklim kelas (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y) di SMAN 7 Kediri sebesar 25,4%.