UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN IBADAH SHALAT SISWA MTS MIFTAHUL ULUM CENTONG KEC. PESANTREN KOTA KEDIRI
Daftar Isi:
- Kata kunci: Upaya Guru Fikih, Kesadaran Ibadah Shalat Ibadah merupakan masalah yang paling penting dan unsur mutlak dalam kehidupan beragama. Tujuan utama diciptakannya manusia tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam mengimplementasikan keyakinannya manusia memiliki kesadaran dalam beribadah yang berbeda-beda. Untuk itu harus ada upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran beribadah tersebut. Salah satunya melalui lembaga formal di sekolah. Sehingga, guru yang merupakan subtansi dari orang tua di sekolah mempunyai peran yang besar dalam upaya meningkatkan kesadaran ibadah shalat siswa. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kesadaran beribadah shalat siswa MTs Miftahul Ulum Centong Kec. Pesantren Kota Kediri? 2. Bagaimana upaya guru fikih dalam meningkatkan kesadaran ibadah shalat siswa MTs Miftahul Ulum Kota Kediri? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesadaran beribadah shalat siswa MTs Miftahul Ulum Kota Kediri? Sedangkan tujuan penelitian adalah : 1. Untuk mengetahui kesadaran beribadah shalat siswa MTs Miftahul Ulum. 2. Untuk mengetahui upaya guru fikih dalam meningkatkan kesadaran ibadah shalat siswa. 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesadaran ibadah shalat siswa MTs Miftahul Ulum Centong Kec. Pesantren Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang diperoleh. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap sebelum ke lapangan, tahap pengerjaan lapangan, tahap analisis, dan tahap penulisan laporan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian, yaitu: 1. Kesadaran ibadah shalat siswa MTs Miftahul Ulum masih tergolong rendah, yang di pengaruhi oleh faktor intern dan ekstern, 2. Upaya yang dilakukan guru Fikih dalam meningkatkan kesadaran ibadah shalat siswa, antara lain: peneladanan, pembiasaan, memberi nasehat, memberi motivasi kepada siswa, mengingatkan siswa menjelang waktu istirahat, pendekatan kepada siswa, dan menciptakan suasana religius di sekolah. 3. Faktor pendukung: kesadaran siswa sendiri, program sekolah, fasilitas ibadah, adanya program-program keagamaan yang mendukung, dan faktor penghambat: kesadaran siswa yang beragam, kurangnya koordinasi antara guru dengan orang tua, waktu.