UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 5 NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- ABSTRAK TRISNAWATI, Dosen Pembimbing Salam Sunaiyah, S.Ag, M.Pd. dan Addin Arsyadana, M.Pd.: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII di MTsN 5 Nganjuk Tahun Ajaran 2017/18. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas guru pasti menemui masalah yang dialami oleh siswa dan dapat menghambat proses belajar mengajar, salah satu masalahnya yaitu kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Jadi guru harus mempunyai metode-metode yang mudah digunakan dalam mempelajari AlQur’an. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) Bagaimana kemampuan siswa kelas VII MTsN 5 Nganjuk dalam membaca Al-Qur’an, 2) Kesulitan apa saja yang dialami siswa MTsN 5 Nganjuk dan bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an tersebut, 3) mengapa anak mengalami kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru Al-Qur’an, siswa kelas VII, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan pihak-pihak terkait lainnya. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan siswa kelas VII MTsN 5 Nganjuk dalam hal membaca Al-Qur’an sangat variatif, ada yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dan juga ada yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an . 2) kesulitan yang dialami yaitu kesulitan dalam melafadzkan huruf hijaiyah/makharijul huruf, kesulitan dalam membedakan harakat panjang dengan harakat pendek, dan peguasaan tajwid yang kurang. Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an yaitu membiasakan membaca surat pendek sebelum pelajaran dimulai, metode halaqah, membaca dan menulis, motivasi. 3) faktor yang menjadi penyebabnya adalah minat, keluarga, lingkungan dan asal sekolah.