ctrlnum 1340
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/</relation><title>MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN &#xD; KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN &#xD; PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN AJARAN 2018/2019 &#xD; (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PLOSOKLATEN)</title><creator>ROFIQ, MUHAMAD</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kata kunci: manajemen pembelajaran, keaktifan belajar, siswa Manajemen kelas yang baik memungkinkan guru mengajar dengan baik, karena kelas yang terhindar dari konflik menjadikan guru mengembangkan kemampuannya sehingga terjadi hubungan yang efisien dengan siswanya. Penelitian ini bertujuan mendeksikripsikan bagaimana manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari Penelitian ini diambil rumusan masalah (1) Bagaimana perencanaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah Guru PAI, Waka Kurikulum, Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Guru sebelum memulai proses pembelajaran dapat membuat desain pembelajaran dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, sekaligus menyusun instrument lain, membuat strategi mengjar yang tidak hanya berupa praktek dilapangan, akan tetapi pemberian reward atau punishment bagi peserta didiknya (2) Tindakantindakan dalam manajemen kelas, merancang metode pembelajaran yang baik, mengatur iklim suasana kelas ataupun mengatur tempat duduk peserta didik sesuai metode yang digunakan, serta menggunakan media yang memadai dan sesuai (3) Evaluasi bertujuan untuk menilai efektifitas dan efisiensi kegiatan pengajaran yang dapat menilai efektifitas dan efisiensi kegiatan pengajaran yang dapat berupa tertulis, ataupun praktek.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/1/932144614_PRA%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/2/932144614_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/3/932144614_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/4/932144614_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/5/932144614_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/6/932144614_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/7/932144614_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/8/932144614_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ROFIQ, MUHAMAD (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN AJARAN 2018/2019 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PLOSOKLATEN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1340</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ROFIQ, MUHAMAD
title MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN AJARAN 2018/2019 (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 PLOSOKLATEN)
publishDate 2018
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/1/932144614_PRA%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/2/932144614_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/3/932144614_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/4/932144614_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/5/932144614_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/6/932144614_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/7/932144614_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/8/932144614_LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1340/
contents Kata kunci: manajemen pembelajaran, keaktifan belajar, siswa Manajemen kelas yang baik memungkinkan guru mengajar dengan baik, karena kelas yang terhindar dari konflik menjadikan guru mengembangkan kemampuannya sehingga terjadi hubungan yang efisien dengan siswanya. Penelitian ini bertujuan mendeksikripsikan bagaimana manajemen kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari Penelitian ini diambil rumusan masalah (1) Bagaimana perencanaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran di kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah Guru PAI, Waka Kurikulum, Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Guru sebelum memulai proses pembelajaran dapat membuat desain pembelajaran dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, sekaligus menyusun instrument lain, membuat strategi mengjar yang tidak hanya berupa praktek dilapangan, akan tetapi pemberian reward atau punishment bagi peserta didiknya (2) Tindakantindakan dalam manajemen kelas, merancang metode pembelajaran yang baik, mengatur iklim suasana kelas ataupun mengatur tempat duduk peserta didik sesuai metode yang digunakan, serta menggunakan media yang memadai dan sesuai (3) Evaluasi bertujuan untuk menilai efektifitas dan efisiensi kegiatan pengajaran yang dapat menilai efektifitas dan efisiensi kegiatan pengajaran yang dapat berupa tertulis, ataupun praktek.
id IOS6979.1340
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-08-10T20:08:46Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:39Z
recordtype dc
_version_ 1695295573943386112
score 17.538404