Daftar Isi:
  • Kepemimpinan kepala sekolah dapat dijadikan benteng dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh kinerja guru yang mana guru merupakan orang pertama yang dikenal peserta didik dalam kelas. Kinerja guru yang baik tergantung dari kepemimpinannya kepala sekolah. Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan supervisi kepada para guru untuk meningkatkan kinerja guru. Salah satu bentuk supervisi dalam pembelajaran yaitu dengan teknik kunjungan kelas. Adanya teknik kunjungan kelas diharapkan kinerja guru dapat meningkat. Penelitian ini yang berjudul Efektifitas Teknik Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Loceret. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan kunjungan kelas oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Loceret? (2) Bagaimana kinerja guru di SMP Negeri 2 Loceret? (3) Bagaimana efektifitas teknik kunjungan kelas oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 2 Loceret? Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data kepala SMP Negeri 2 Loceret dan para guru. Kehadiran peneliti sangat penting sebagai pengumpul data. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan kunjungan kelas oleh kepala SMP Negeri 2 Loceret secara tersetriktur dan berencana, karena kepala sekolah dan para guru bersama-sama bermusyawarah untuk membahas waktu kunjungan kelas. 2) Kinerja guru SMP Negeri 2 Loceret sudah baik dapat dilihat dari membuat perencanaan pembelajaran, performansi mengajar mulai dari penguasaan materi sudah baik; penggunaan kurang baik karena minimnya fasilitas; penggunaan metode sudah baik karena para guru SMP Negeri 2 Loceret memakai metode dengan bervariasi dan melihat materinya; dan pengelolaan kelasnya sudah cukup baik karena para guru SMP Negeri 2 Loceret sudah lama mengajar kurang lebih 10 tahun dan ada juga 12 tahun mengajar, banyak pengalaman, mengikuti pelatihan seperti MGMP dan pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru. Terakhir mengenai cara mengevaluasi sudah bervariasi. 3) Efektifitas teknik kunjungan kelas untuk meningkatkan kinerja guru sangat baik, meskipun dari para guru SMP Negeri 2 Loceret mempunyai motivasi dalam diri sendiri untuk giat dan semangatt dalam mengajar. Teknik kunjungan kelas oleh kepala sekolah sangat efektif untuk meningkatkan kinerja guru.