Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih Bab Thaharah Kelas VII di MTs. Raudlatut Thalabah
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih bab thaharah kelas VII di MTs. Raudlatut Thalabah. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2019 di MTs. Raudlatut Thalabah. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Samples T-Test terhadap data posttest pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,008, terlihat bahwa nilai Sig. (2-Tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya, video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan video pembelajaran secara signifikan lebih unggul dibanding kelas kontrol pada jenjang kognitif mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4). Respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran dalam proses pembelajaran Fiqih bab thaharah berada dalam kategri sangat baik dengan persentase 82,23.