PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI KELAS VII G MTSN 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Al-Qur’an Hadis Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran pada sekolah-sekolah yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013.Masih banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 akan tetapi dalam pelaksanaannya masih menggunakan KTSP. Pelaksanaan kurikulum 2013 yang cukup rumit baik dalam perencanaan, pelaksanaan nya di dalam kelas, dan pada penilaiannya membuat implementasinya di sekolah belum maksimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII G menggunakan Kurikulum 2013 di MTsN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana masalah dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII G di MTsN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018? 3) Apa solusi yang diterapkan dalam mengatasi masalah penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII G di MTsN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018? Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah deskriptif.Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yakni pengecekan keabsahan data yang memanfaatkan data lain untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding data. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa: 1) penerapan pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII G menggunakan Kurikulum 2013 di MTsN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan dengan 3 tahapan pokok yaitu persiapan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. 2) masalah dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yang ada dikelas kelas VII G di MTsN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018 disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi dalam pembelajaran guru masih menerapkan pembelajaran konvensional sehingga kurang menggali kemampuan siswa dan evaluasi penilaian siswa yang tergolong rumit. Sedangkan untuk faktor eksternal yaitu siswa masih mengandalkan guru dalam mendapatkan informasi, kurangnya minat dan keaktifan siswa saat pembelajaran Al-Qur’an Hadis, dan kurangnya sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran 3) Usaha-usaha untuk mengatasi problematika implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII G di MTsN 3 Kediri diantaranya dengan mengirim guru untuk mengikuti Lesson study maupun workshop, mengadakan kegiatan pertemuan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antar madrasah sebagai sharing, pengalokasian dana untuk pengadaan sarana dan prasarana sekolah serta memberikan pengarahan serta motivasi bagi siswa dan orang tua siswa.